Jawa Pos

Juara karena Angkat Kampung Halaman dalam Video Wisata

-

SURABAYA – Sesekali, penonton akan menelan air liur begitu melihat tayangan nasi gandul yang menggoda. Atau, berdecak kagum melihat potensi Gua Pancur yang misterius. Latar nuansa alam pedesaan Kabupaten Pati, Jawa Tengah, itu berbuah juara saat ditampilka­n dalam film iklan.

Film tersebut merupakan karya Surya Parulian Halim, alumnus Desain Komunikasi Visual (DKV) 2010 UK Petra Surabaya. Video profil daerah wisata bertajuk Discover Pati–Wonder in Serenity itu berdurasi hanya semenit. Namun, tampilan, narasi, maupun pesanpesan­nya mampu memikat juri Festival Film Iklan Nasional (FFIN) 2014.

’’Tema lombanya mengangkat potensi wisata lokal yang belum terekspos,’’ ujar Surya yang diwisuda pada Agustus lalu. Video tersebut awalnya berusaha menunjukka­n kecintaann­ya pada kampung halaman sekaligus tugas akhir kuliah. Tugas akhir itu lantas diikutkan dalam lomba yang diselengga­rakan Kementeria­n Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparek­raf) pada Agustus lalu.

Untuk memoles karyanya yang diikutsert­akan dalam lomba, Surya mengganden­g dua rekannya, Anastasia Pascaliany dan Chris Ivan. Anastasia didapuk menjadi copywriter narasi. Ivan berperan sebagai editor. ’’Panjang video tugas akhir ini sebenarnya 7 menit. Karena diikutkan lomba, video ini dirombak jadi 1 menit,’’ tutur pemuda asli Pati tersebut.

Selain keindahan alam, Surya memasukkan unsur ekonomi kreatif masyarakat Pati. Yakni, batik bakaran dan budi daya ulat sutera terbesar di Indonesia. Lewat hasil karyanya, Surya dan kawan-kawan diumumkan menjadi juara pertama kategori mahasiswa di Jakarta pada 11–12 September.

’’Saya melakukan riset dan wawancara ke Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Pati. Promosinya masih sangat minim. Pembuatann­ya hanya sekitar 1,5 bulan dan remake- nya sekitar seminggu,’’ ungkapnya. (rim/c14/roz)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia