Jawa Pos

Bongkar Bangli Jalan Setail

- Ber-KTP Surabaya Masih Boleh Berjualan

WONOKROMO – Bangunan liar (bangli) di sepanjang Jalan Setail tidak lama lagi dirobohkan. Dua pekan ke depan bangunan yang berdiri di atas sungai itu rata dengan tanah. Sayang, setelah ditertibka­n, sebagian pedagang masih diperboleh­kan berjualan. Tentu, itu akan tetap mengotori lingkungan

Kepala Satpol PP Surabaya Irvan Widyanto menyatakan, bangli Jalan Setail menjadi prioritas penertiban karena lokasinya berada di tengah kota dan dekat dengan tempat wisata Kebun Binatang Surabaya (KBS). Apalagi, kata dia, manajemen KBS akan melakukan pengembang­an sampai ke Jalan Setail. ”Sebelum pengembang­an dilakukan, bangli harus dibersihka­n,” jelasnya.

Jumlah bangli yang berdiri di sepanjang jalan itu sekitar 50 unit. Fungsi bangunan bermacamma­cam. Ada yang dipakai untuk warung, toko, bengkel, dan tempat tinggal. Keberadaan­nya menjadikan lingkungan sekitar kumuh. Terutama bangli yang dijadikan tempat tinggal. Pemiliknya tidak menjaga lingkungan dengan baik.

Irvan menyatakan, semua bangli akan dibongkar. Baik yang warung, toko, maupun tempat tinggal. Tidak ada toleransi bagi mereka. Pihaknya, kata dia, sudah memberikan tiga kali surat peringatan terkait penertiban. Minggu lalu dia juga mengumpulk­an seluruh pemilik bangli di kantor Kecamatan Wonokromo.

Dalam rapat itu sudah dijelaskan terkait aturan pendirian bangunan, fungsi jalan, dan rencana pengembang­an KBS. Selain itu, satpol PP menjelaska­n bahwa khusus warga yang ber-KTP Surabaya masih tetap bisa berjualan di lokasi tersebut. Dengan syarat, mereka menggunaka­n tenda bongkar pasang. ”Setelah ditertibka­n, tidak boleh ada bangunan permanen,” kata dia.

Menurut mantan camat Rungkut itu, yang diperboleh­kan hanya berjualan, bukan bertempat tinggal di lokasi tersebut. Bangli yang selama ini digunakan tempat tinggal akan dirobohkan. Warga Surabaya yang tinggal di tempat itu akan diusulkan untuk pindah ke Flat Siwalanker­to yang baru selesai dibangun. (lum/c10/tia)

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? KOTOR: Situasi bangunan liar yang berdamping­an dengan KBS.
FRIZAL/JAWA POS KOTOR: Situasi bangunan liar yang berdamping­an dengan KBS.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia