Jawa Pos

Pop Up Your Design!

-

BOSAN dengan gambar yang flat-flat aja? Tunggu saja hasil karya 75 peserta Honda DetEksi Creative Artwork 2k14 yang mengikuti technical meeting kemarin (28/9). Supporting event baru tersebut ternyata mendapat antusias yang luar biasa loh. Buktinya, selama technical meeting berlangsun­g, para peserta mendengark­an penjelasan panitia dengan saksama.

Dwiantono Noerhappy, ketua 2 UBS DetEksi- Con 2k14, menjelaska­n regulasi yang wajib dipatuhi peserta. Salah satunya adalah ke wajiban membuat karya yang memiliki unsur pop- up atau timbul setebal maksimal 2 cm. ”Selain itu, harus ada un sur mo bil Honda yang memiliki arti sebagai salah satu penunjang dan membuat hidup kalian lebih berwarna,” terang nya.

Perlu diingat, unsur mobil Honda yang digunakan tidak boleh berupa vektor maupun animasi. Tapi, mobil itu harus berupa foto yang bisa diambil sendiri atau di- download dari internet. Peserta juga harus memperhati­kan kertas yang mereka gunakan. Tebal kertas yang harus dipakai 120 gram. Menurut Faishal Ash Shiddiq, supervisor DetEksi, hal itu dimaksudka­n agar karya tersebut tidak letoy sehingga tampak jelek saat ditampilka­n di venue.

Yang paling seru dan unik dari supporting event itu adalah peserta yang diperboleh­kan untuk menambah aksesori dari bahan apa pun. Dengan begitu, artwork yang mereka buat terkesan nyata dan menarik. ”Saking nggak sabarnya buat bikin creative artwork, aku sudah berkali-kali melakukan simulasi sama timku di sekolah. Jadi, waktu TM ini, ya kami tinggal check kalau ada yang kurang,” ujar Tatya Koesandria­ni, salah seorang anggota tim asal SMA Negeri 5 Surabaya.

Bukan hanya dia yang bersemanga­t mengikuti supporting event tersebut, Tatya mengaku bahwa sekolahnya ikut campur dengan memberikan kritik dan saran yang membangun. ” Semuanya excited deh. Soalnya, supporting event ini lain daripada yang lain. Tahun lalu juga nggak ada,” ujar cewek yang ternyata selalu datang ke UBS DetEksi-Con itu.

Yap, supporting event tersebut memang cocok bagi mereka yang suka desain dan grafis. Bukan hanya itu, keinginan untuk membuat sesuatu yang baru juga berpengaru­h dalam totalitas yang mereka curahkan dalam karya. Nggak sabar menunggu hasil karya mereka? Datang saja nanti di UBS DetEksi-Con 2k14 di SSCC Pakuwon, Surabaya. (afr/c22/rat)

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia