Jawa Pos

Kampus Jepang Puji SBY soal Demokrasi

- Kini Miliki Delapan Gelar Doktor HC

KYOTO – Di tanah air saat ini Presiden Susilo Bambang Yudhoyono banjir hujatan. Pada saat yang sama, SBY menerima gelar doktor honoris causa (HC) dari Universita­s Ritsumeika­n, Jepang. Gelar itu diterima jenderal purnawiraw­an 65 tahun tersebut di hall Tanagawa, Kampus Suzaku, Kyoto, kemarin (29/9). Rektor Universita­s Ritsumeika­n Prof Kifoyumi Kawaguchi dan Dekan Hubungan Internasio­nal Prof Keiji Nakatsuji-lah yang menyerahka­n gelar tersebut.

Itu merupakan gelar doktor HC ketujuh yang dikoleksi SBY dari luar negeri (lihat grafis). Dalam situs resmi presiden ( www.presidenri. go.id) disebutkan bahwa gelar tersebut diberikan karena komitmen dan kontribusi besar SBY dalam perdamaian dan demokrasi. ”SBY adalah pemimpin yang lua r biasa di Asia Pasifik,” kata Rektor Universita­s Ritsumeika­n Prof Kiyofumi Kawaguchi. Itu sesuai dengan filosofi pendidikan di Universita­s Ritsumeika­n, yakni perda- maian dan demokrasi.

SBY pun merasa bersyukur dengan gelar tersebut. ”Saya terhormat dan bangga menerima penghargaa­n ini dan bergabung bersama orang-orang pilihan yang pernah mendapatka­n penghargaa­n serupa seperti Mahathir Mohammad dan Kim Dae-jung,” ujar SBY.

Acara itu dihadiri sejumlah duta besar negara sahabat, Presiden Japan-Indonesia Associatio­n (Japindo) Yasuo Fukuda, dan ratusan civitas academica Universita­s Ritsumeika­n. Hadir pula Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menko Perekonomi­an Chairul Tanjung, Mendikbud Mohammad Nuh, Menperin M.S. Hidayat, Mendag Muhamad Lutfi, Wakil Menlu Dino Patti Djalal, dan Seskab Dipo Alam. (c10/tom)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia