Jawa Pos

OJK Harus Atur Bunga Deposito

- Kredit Melambat di Semua Segmen

JAKARTA – Komisi Pengawas dan Persaingan Usaha (KPPU) menilai suku bunga simpanan, khususnya deposito, yang ditawarkan perbankan saat ini sangat tinggi. Hal itu memicu kekhawatir­an makin tingginya tingkat suku bunga kredit di tanah air. Akibatnya, usaha riil seperti UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) akan terdampak dan menurunkan daya saing mereka.

Kepala Biro Hukum, Hubungan Masyarakat, dan Kerja Sama KPPU Mohammad Reza mengatakan, saat ini bunga kredit UMKM oleh bank bisa mencapai 30 persen. Bahkan, dia menegaskan, bunga kredit UMKM tersebut makin tinggi di kawasan Indonesia Timur. ”Di Papua bisa sampai 40,25 persen. BI rate saja 7,5 persen. Ini soal daya saing nasional. Bagaimana bisa bersaing kalau bunga kredit kita double digit? Sebaliknya, negara lain bisa single digit,’’ kata Reza kemarin (29/9).

Karena itu, pihaknya mendorong Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai pengawas dan otoritas pengaturan untuk memperketa­t penerapan bunga deposito di industri perbankan. Sebab, semakin tinggi bunga deposito, semakin tinggi pula posisi bunga kreditnya. Dengan ditekannya suku bunga deposito, suku bunga kredit yang rendah sebetulnya mudah dicapai.

Reza menerangka­n, pembatasan suku bunga deposito tersebut bisa menggunaka­n cara seperti yang diterapkan pada pembatasan suku bunga kartu kredit, yaitu maksimal 2,95 persen.

Bank Indonesia (BI) mencatat, penyaluran kredit UMKM melambat. Juni lalu penyaluran kredit bank umum untuk UMKM tumbuh 11,6 persen ( year on year/yoy) menjadi Rp 651,3 triliun atau melambat jika diban- dingkan dengan pertumbuha­n pada Mei yang tercatat 13,8 persen yoy. ”Pangsa kredit UMKM tersebut mencapai 26 persen dari total produksi pada Juni 2014,” ungkap Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara.

Perlambata­n itu dialami semua segmen. Kredit segmen mikro tumbuh 20,2 persen (yoy) menjadi Rp 130,8 triliun. Pertumbuha­n tersebut lebih rendah daripada Mei lalu yang mencapai 20,5 persen. (gal/bil/c6/agm)

 ?? BECKY SUBECHI/JAWA POS ?? PROMOSI: Pameran perjalanan wisata yang diadakan Singapura Airlines dan Thai Tourism di Surabaya kemarin.
BECKY SUBECHI/JAWA POS PROMOSI: Pameran perjalanan wisata yang diadakan Singapura Airlines dan Thai Tourism di Surabaya kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia