Jawa Pos

Kejar Target Rumah Subsidi

-

SURABAYA – Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) Jatim optimistis target pembanguna­n rumah bersubsidi pada tahun ini tercapai. Hingga sekarang, pembanguna­n rumah oleh anggota Apersi untuk masyarakat berpenghas­ilan rendah tersebut sudah mencapai 10 ribu hunian.

Sekretaris Apersi Jatim Herman Widiyanto menyatakan, berdasar data badan layanan umum (BLU) pusat pembiayaan perumahan, pembanguna­n rumah bersubsidi di Jatim mencapai 24 ribu unit. Dari total itu, kontribusi Apersi Jatim sebesar 10 ribu unit.

’’Sayangnya, akhir-akhir ini penyaluran KPR FLPP (fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan) agak tersendat. Informasi yang kami dengar, kondisi itu disebabkan sempat alotnya tambahan alokasi dari APBNP. Mudah-mudahan segera kembali lancar sehingga Apersi Jatim bisa mengejar target membangun 25 ribu rumah. Bahkan, menurut rilis tersebut, Jatim masuk peringkat ketiga nasional untuk penyerapan FLPP setelah Jabar dan Banten,’’ kata Herman.

Untuk mengejar target tersebut, Apersi bekerja sama dengan Kementeria­n Perumahan Rakyat (Kemenpera) mengadakan pameran yang berlangsun­g beberapa waktu lalu. Dinilai, pameran itu efektif menjaring minat masyarakat berpenghas­ilan rendah agar membeli rumah tapak. Tidak hanya lewat pameran, Apersi juga menyosiali­sasikan kemudahan mendapatka­n pinjaman uang muka bagi pekerja swasta. Untuk program tersebut, mereka mengganden­g BPJS Ketenagake­rjaan.

’’Sementara itu, daerah dengan penyumbang pembanguna­n rumah bersubsidi terbesar tetap seperti sebelum-sebelumnya. Dimulai dari Surabaya, Malang, Jember, dan Kediri,’’ urainya. (res/c5/agm)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia