Jawa Pos

Mahir di Lintasan Skateboard, Piawai di Dapur

Agung Hadi Broto, Chef Sekaligus Skateboard­er Indonesia yang Langganan Juara

- AGUNG MARYANA

Masak-memasak dan skateboard­ing adalah dua dunia yang berbeda, tetapi dicintai Agung Hadi Broto. Karena menjalanin­ya dengan

sepenuh hati, Agung tidak hanya berhasil menjadi chef restoran terkemuka di Plaza Indonesia. Dia juga menjadi langganan juara kompetisi skateboard­ing di Indonesia.

DILIHAT dari penampilan­nya, Agung tidak mirip skater yang lazimnya urakan dan begajulan. Tingkah lakunya kalem. Rambut ikalnya memang dipelihara sepanjang pundak, namun kerap ditutup topi atau kupluk. Badannya mulus, tidak bertato dan tidak memiliki sebiji pun tindik.

Di balik penampilan yang tidak meyakinkan itu, Agung adalah skater jempolan. Dalam sesi latihan di salah satu skate park Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dia dengan piawai menunjukka­n line trick genre jalanan (street skateboard­ing). Antara lain, sad grab over pyro, front side boardslide big rails, blunt flip out, hingga jurus andalannya, backside 50 grind.

Trik yang membutuhka­n skill dan waktu latihan panjang itu kerap mengantark­an Agung menjadi juara kompetisi skateboard­ing di dalam dan luar negeri. Agung HB –nama tenarnya di kalangan skater– memang terkenal dengan dedikasi tinggi terhadap dunia skateboard­ing.

Meski telah menekuni dunia skateboard­ing sebelas tahun terakhir, Agung masih rutin berlatih skateboard dua kali sehari. Dia akan berlatih sebelum berangkat kerja dan akan kembali berlatih sepulang kerja. Setiap latihan berdurasi dua jam. Waktu latihan akan lebih panjang jika dia libur. ’’Dulu saya selalu latihan di skate park Daan Mogot. Tetapi, sekarang saya lebih sering bermain di sini (TMII),’’ kata pria kelahiran 11 April 1986 itu saat ditemui beberapa waktu lalu.

Latihan spartan tersebut membuahkan hasil. Selama tiga tahun berturut-turut, yakni 2008–2012, Agung meraih predikat Best Skater of the Year. Tahun lalu dia juga menyabet predikat Best Game of Skate pada kejuaraan nasional sekaligus menggondol gelar Best Flip Trick yang prestisius.

Selain di dalam negeri, Agung kerap menggondol gelar di kompetisi internasio­nal. Antara lain, Asian Indoor Skateboard Games di Thailand dan Asian Skateboard Games di Shanghai, Tiongkok. Pada awal tahun ini dia juga berlaga di kejuaraan Skateboard Vert X Games di Austin, Texas, Amerika Serikat.

Berkat prestasiny­a, Agung dikontrak produsen kacamata olahraga dan Extreme Toys sebagai duta merek (brand ambassador). Kini pria yang tinggal di Slipi, Jakarta Barat, itu selangkah lagi berhasil mewujudkan mimpinya ketika menekuni dunia skateboard. ’’Saya ingin memberangk­atkan orang tua naik haji dari hadiah lomba,’’ tutur anak ketiga di antara lima bersaudara tersebut.

Saat dikenalkan dengan papan skateboard oleh kakaknya pada usia belasan tahun, dia langsung jatuh cinta. Namun, lantaran kerap cedera karena jatuh ketika berlatih grind dan olly, dia sempat vakum sementara.

Pada 2001 dia kembali menekuni dunia skateboard meski tidak terhitung lagi banyaknya bagian tubuh yang cedera karena terjatuh saat berlatih atau bertanding. ’’Saya pernah vakum agak lama karena mengalami cedera engkel. Saya membutuhka­n setahun untuk sembuh. Tetapi, saya tidak pernah kapok.”

Setelah sembuh dari cedera, dia kembali berlatih dan langsung menjadi juara di kejuaraan lokal di Jakarta. Setelah itu, tidak ada yang bisa menghentik­an Agung untuk menekuni dunianya. ’’Kendalanya adalah tempat latihan. Kawan-kawan skater di Bali dan Bandung lebih beruntung karena memiliki lebih banyak tempat latihan daripada Jakarta,’’ jelasnya.

Setelah moncer di dunia skateboard, mahasiswa FISIP Universita­s Nasional itu kini mengaku tertambat pada dunia yang sangat jauh berbeda. Yakni, dunia masak-memasak. Diilhami ibunya yang mantan koki di sebuah hotel ternama, Agung memendam niat menjadi chef ternama. Karena itu, selain giat belajar memasak aneka resep kepada ibunya, dia memutuskan menjadi koki paruh waktu di klub Immigrant di Plaza Indonesia. (*/noe/c20/any)

 ?? AGUNG MARYANA/JAWA POS ?? JADI BRAND AMBASSADOR: Beberapa merek perlengkap­an olahraga memercayai Agung Hadi Broto untuk mempromosi­kan produknya.
AGUNG MARYANA/JAWA POS JADI BRAND AMBASSADOR: Beberapa merek perlengkap­an olahraga memercayai Agung Hadi Broto untuk mempromosi­kan produknya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia