Jawa Pos

Baru Direnovasi, Ambruk, lalu Terbakar

- 88 Siswa SDN Tebet Timur 11 Terpaksa Mengungsi

JAKSEL – Kegiatan belajar mengajar di SDN Tebet Timur 11 kemarin (29/9) terpaksa terceraibe­rai. Siswa kelas I–VI belajar di gedung sekolah yang berbeda. Siswa mengungsi karena sekolah mereka belum diperbaiki setelah ambruk dan terbakar Sabtu lalu (27/9). Bahkan, sisa reruntuhan atap kelas dan puing-puing pasca kebakaran masih berserakan.

Para siswa tersebut didistribu­sikan ke tiga sekolah lain. Perinciann­ya, siswa kelas I, II, dan III menempati SDN Tebet Timur 18. Siswa kelas IV belajar di SDN Tebet Timur 17 serta siswa kelas V dan VI menempati SDN Tebet Timur 19. ”Prioritas kami adalah siswa tetap bersekolah,” ujar Kepala SDN Tebet Timur 11 Boriyem. Ari –sapaan Boriyem– menyatakan belum mengetahui jumlah kerugian. Sebab, kasus kebakaran di sekolah itu masih diselidiki.

Nanti siswa tidak dicampur dengan siswa sekolah asal. Mereka akan diberi kelas tersendiri. Kegiatan belajar mengajar juga dilaksanak­an guru asal SDN Tebet Timur 11. Jadi, keberadaan mereka tidak akan mengganggu sekolah yang ditumpangi. Belum diketahui mereka mengungsi hingga kapan.

Sebenarnya atap yang ambruk hanya menimpa dua kelas. Namun, insiden tersebut memicu korsleting. Total empat kelas plus satu ruang kepala sekolah terbakar. ”Mudah-mudahan (kegiatan belajar siswa) tidak terganggu. Kami kan punya banyak teman dari sekolah lain yang membantu,” jelas Ari.

Dia menyayangk­an insiden tersebut. Sebab, sekolah baru direhab total pada 2012. Namun, Ari bersyukur karena tidak ada korban jiwa. Saat itu siswa sedang libur. Ari berharap kerusakan sekolah segera diperbaiki. Namun, sepertinya dia harus bersabar karena polisi yang diberi kewenangan oleh Dinas Pendidikan (Dispendik) DKI Jakarta masih menyelidik­i insiden tersebut.

Kemarin para siswa dan orang tua mengikuti orientasi atau pengarahan tentang lokasi belajar yang baru. Pihak dispendik, kecamatan, dan sudin mengantar siswa ke kelas baru untuk pengenalan. Masih dijumpai siswa dan orang tua yang belum mengetahui sekolah baru. Karena itu, ada sebagian siswa yang belum masuk sekolah. (puj/co1/ind/c7/any)

 ?? PUJI TYAS/JAWA POS ?? RUSAK PARAH: Kondisi kelas SDN Tebet Timur 11 yang atapnya ambruk dan terbakar kemarin.
PUJI TYAS/JAWA POS RUSAK PARAH: Kondisi kelas SDN Tebet Timur 11 yang atapnya ambruk dan terbakar kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia