Jawa Pos

Korsel dan Jepang Sulit Mengejar

-

Hingga kemarin 282 di antara 439 medali emas yang disediakan sudah terdistrib­usi. Hasilnya, Tiongkok menguasai 40 persen dengan raihan 112 medali emas.

Di antara 157 emas yang diperebutk­an, Tiongkok masih mempunyai cadangan cabang olahraga (cabor) untuk terus menambah medali. Misalnya, atletik, kano, equestrian, dan soft tennis. Jika dipersenta­se, sisa medali yang diperebutk­an tinggal 36 persen hingga hari penutupan pada 4 Oktober.

Kedigdayaa­n Tiongkok bertumpu pada cabor-cabor akurasi (menembak), terukur (renang), dan bela diri (wushu). Misalnya, di cabor menembak. Di antara 44 nomor yang dilombakan, atletatlet­nya merajarela dengan menyabet 26 medali emas.

Dominasi Tiongkok juga terja di di lintasan renang. Di antara 38 emas yang diperebutk­an, 22 emas dibawa pulang perenang- pere nang dari Negeri Tirai Bambu, julukan Tiongkok, itu. Lalu, di wushu, di antara 15 nomor yang ditandingk­an, atlet Tiong kok mendapatka­n sepuluh emas.

Dominasi Tiongkok sebagai juara umum Asian Games memang tidak terbendung selama kurang lebih tiga dasawarsa. Se jak berpartisi­pasi pada Asian Games 1974 di Teheran (Iran), Tiongkok hanya dua kali gagal menjadi pe- ngumpul medali terbanyak. Yakni, pada edisi 1974 dan 1978 (Bangkok/Thailand).

Sementara itu, dua negara lain, Korsel dan Jepang, sulit mengejar perolehan medali Tiongkok. Ada dua cabor andalan Jepang dan Korsel untuk mengeruk medali di sisa penyelengg­araan Asian Games kali ini. Jepang berharap pada karate yang mulai dilombakan besok (1/10). Karate menyediaka­n 13 medali emas.

Di sisi lain, Korsel pasti membidik sapu bersih di taekwondo yang mendonasik­an 16 medali mulai hari ini (30/9). Hingga kemarin Korsel sudah mengumpulk­an 44 emas. Kalaupun berhasil meraup semua medali emas di cabang taekwondo, Korsel tidak bisa menyalip pencapaian Tiongkok. Medali emas tuan rumah diperkirak­an 60-an.

Sementara itu, Jepang hingga kemarin sudah mengemas 35 emas. Jika karate disapu bersih atlet Jepang, mereka paling banter bakal mengoleksi 50-an emas. (dra/c20/ca)

 ?? MANAN VATSYAYANA/AFP ?? SIMETRIS: Para pelari melompati papan rintangan saat berlomba pada nomor lari 3.000 meter Asian Games 2014 di Stadion Utama Incheon, Korsel, kemarin.
MANAN VATSYAYANA/AFP SIMETRIS: Para pelari melompati papan rintangan saat berlomba pada nomor lari 3.000 meter Asian Games 2014 di Stadion Utama Incheon, Korsel, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia