Jawa Pos

Bisa Tiru Kejutan CSKA Sofia

-

Jika itu terjadi, peristiwa tersebut adalah hal yang langka. Sebab, cukup lama Stadion Vasil Levski tidak dibanjiri penonton dalam jumlah besar.

Pihak klub telah menjual paket tiket tiga pertanding­an home Ludogorets. Masing-masing melawan Real Madrid, Liverpool, dan FC Basel. Respons suporter sangat bagus. Sebanyak 20 ribu paket tiket ludes diserbu penonton hanya dalam tiga jam akhir pekan lalu. Kondisi tersebut memaksa manajemen klub mengambil keputusan cepat. Mereka menyiapkan 35 ribu paket tiket terusan untuk tiga laga home Liga Champions. Selain itu, ribuan tiket khusus untuk laga melawan Real akan dijual tersendiri.

Sukses Ludogorets menapak ke babak utama Liga Champions bak penghapus dahaga prestasi bagi penggila bola di Bulgaria. Cukup lama mereka tidak menyaksika­n klub dari Bulgaria berlaga di kasta tertinggi kompetisi antarklub tersebut. Bukan hanya fans Ludogorets yang antusias menyaksika­n pertanding­an kontra Real. Penggila bola dari seluruh penjuru Bulgaria dipastikan turut meramaikan suasana.

Terakhir, lagu resmi Liga Champions yang selalu diputar sebelum laga berkumanda­ng di Bulgaria delapan tahun lalu. Hal itu terjadi saat Levski Sofia lolos ke babak utama Liga Champions 2006–2007 dan menjamu Barcelona, Chelsea, serta Werder Bremen.

Laga kontra Los Merengues –julukan Real– bakal sangat spesial bagi winger Ludogorets Dani Abalo. Kebetulan, dia berdarah Spanyol. Mantan pemain Celta Vigo itu hijrah ke Bulgaria pada musim 2013. ’’Ini akan menjadi pertanding­an yang besar. Keluarga dan teman-teman saya di Spanyol sangat menanti pertanding­an melawan Real Madrid. Mereka bangga kepada saya dan Ludogorets,’’ kata Abalo di situs resmi UEFA.

Ludogorets mengawali debut di Liga Champions dengan kekalahan. Mereka takluk 1-2 saat bertandang ke markas Liverpool dua pekan lalu (16/9). Di atas kertas, Ludogorets sangat sulit mencuri angka dari Real walau bermain di kandang sendiri.

Meksi begitu, kejutan bisa saja terjadi. Ludogorets bisa meniru jejak CSKA Sofia yang berhasil meraih kemenangan saat menjamu lawan-lawannya di Stadion Vasil Levski. Pada musim 1973– 1974, CSKA Sofia mengalahka­n wakil Belanda Ajax Amsterdam dengan skor 2-0. Kemenangan itu mengantark­an tuan rumah lolos ke babak berikutnya dengan agregat 2-1.

Kejutan berlanjut pada musim 1980–1981. Saat itu CSKA Sofia menjamu Nottingham Forest yang berstatus juara bertahan dua periode beruntun. Siapa sangka, tuan rumah sukses men jinakkan wakil Inggris tersebut dengan kemenangan 1-0. Setahun berselang, giliran Liverpool yang dipermaluk­an CSKA Sofia dengan skor 2-0 di Stadion Vasil Levski. (*/c19)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia