Jawa Pos

Tak Bisa Tenang karena Pemain Pinjaman

-

SELAIN lawan dikenal jago kandang, tampaknya, ada alasan lain yang mendasari pelatih Chelsea Jose Mourinho sehingga mengingatk­an pasukannya agar berhatihat­i saat melawan Sporting Lisbon. Yakni, dikarenaka­n adanya Nani.

Winger 27 tahun itu dipinjamka­n Manchester United ke Sporting Lisbon. Karena sudah tujuh tahun berkostum United, otomatis Nani sangat hafal kekuatan dan kelebihan The Blues, julukan Chelsea.

’’Dia (Nani, Red) adalah pemain yang sarat pengalaman. Dia juga memiliki kecepatan yang dapat menyulitka­n siapa saja,’’ kata Mourinho kepada Sky Sports.

Nani tercatat tujuh kali membela Sporting Lisbon dalam semua ajang pada musim ini. Penggawa tim nasional Portugal tersebut juga telah menyumbang dua gol.

Bersama United, Nani pernah sekali memenangi Liga Champions, yakni pada 2008. Pada final kala itu, United menundukka­n Chelsea melalui adu penalti. Nani merupakan salah seorang eksekutor yang sukses menjalanka­n tugas.

Dengan pengalaman segudang tersebut, wajar jika Mourinho memberikan perhatian khusus kepada kompatriot­nya itu. Dia menginstru­ksikan Willian, Nemanja Matic, dan Branislav Ivanovic untuk mewaspadai betul pergerakan Nani. Kebetulan, tiga pemain tersebut lebih sering beroperasi di sisi kanan yang berarti berhadapan langsung dengan Nani yang kerap ber- operasi di sayap kiri.

’’Tidak ada alasan untuk membiarkan pemain seperti Nani tanpa pengawalan dalam pertanding­an nanti,’’ ujar Mourinho.

Menurut Mourinho, Nani yang dibesarkan di Akademi Sporting Lisbon adalah pemain yang sangat fleksibel. Dia bisa bergerak bebas, tidak hanya terpaku di sayap.

’’Dia adalah pemain yang pintar menempatka­n posisi. Crossing- nya juga sangat akurat dan memanjakan para penyerang,’’ jelas mantan pelatih Real Madrid itu. ”Saya yakin, dengan berhasil mematikan pergerakan­nya, itu sama dengan kami melumpuhka­n sebagian kekuatan Sporting,’’ tuturnya. (dik/c19/ttg)

BBC

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia