Jawa Pos

Cilic Fokus ke ATP Finals

-

TOKYO – Persaingan perebutan lima tempat tersisa menuju turnamen akhir tahun ATP (Asosiasi Tenis Putra) World Tour Finals masih sangat seru. Dengan menyisakan sebulan kompetisi, para petenis hanya memiliki maksimal empat turnamen untuk mengais poin.

Dalam daftar, baru tiga petenis yang sudah memastikan posisi di ATP Finals yang berlangsun­g di London pada awal November. Mereka adalah petenis dalam daftar tiga besar ranking ATP, yaitu Novak Djokovic (Serbia), Roger Federer (Swiss), dan Rafael Nadal (Spanyol). Lima tempat tersisa masih terbuka, setidaknya untuk sembilan petenis papan atas lain.

Jawara grand slam pada 2014 yang sudah memastikan lolos baru Nadal. Sementara itu, juara Australia Terbuka Stanislas Wawrinka (Swiss) masih harus memperjuan­gkan tiketnya. Begitu pula dengan juara Amerika Serikat (AS) Terbuka Marin Cilic (Kroasia).

Di antara para kompetitor, Wawrinka yang berpeluang segera menggengga­m tiket. Pekan ini dia bertarung di Jepang Terbuka sebagai unggulan teratas.

Di turnamen tersebut, unggulan kedua David Ferrer (Spanyol) sudah tersingkir di babak pertama. Langkahnya dihentikan rekan senegarany­a, Marcel Granollers. Ferrer menyerah 6-4, 4-6, 4-6. Padahal, Ferrer juga butuh tambahan poin untuk kembali mencicipi kerasnya persaingan di ATP Finals.

’’ Tiap hari dalam hidup berbeda. Mustahil bisa selalu menang. Saya sedih, tapi saya harus mencari apa yang terjadi dengan permainan saya,’’ urai Ferrer sebagaiman­a dikutip AFP.

Bagi Granollers, kemenangan tersebut merupakan yang pertama dalam enam pertemuan dengan Ferrer. Dua pekan terakhir memang berlangsun­g buruk bagi Ferrer. Pekan sebelumnya, dia juga tersungkur pada babak pertama Shenzhen Terbuka di Tiongkok.

Sementara itu, Cilic melakoni perjuangan untuk meraih ATP Finals pertama dalam karirnya dengan berkompeti­si di Tiongkok Terbuka. Bukan hal yang mudah, mengingat Djokovic dan Nadal juga turun di turnamen yang menyediaka­n maksimal 500 poin itu.

Tapi, berbeda dengan Ferrer, Cilic melaju ke babak berikutnya. Dia mendapatka­n tiket ke babak kedua setelah mengalahka­n petenis tuan rumah yang mendapatka­n wild card, Bai Yan, dengan skor 6-3, 6-4.

’’Penting bagi saya untuk menjaga fokus peningkata­n permainan. Lalu, berusaha menikmati permainan seperti yang saya lakukan di AS Terbuka. Ini masih berada dalam proses menuju level yang saya inginkan,’’ beber Cilic pada situs resmi ATP

Laga di Tiongkok Terbuka merupakan turnamen pertama Cilic sejak meraih gelar AS Terbuka tiga pekan lalu. Cilic tak mau peluang melaju ke ATP Finals yang sudah demikian dekat terlepas saat dirinya merasa berada di puncak karir. Petenis 26 tahun itu kini menduduki posisi kelima dalam perburuan tiket ke London, tepat di bawah Wawrinka. (c17/ady)

 ?? AFP PHOTO/WANG ZHAO ?? TAMBAH POIN: Marin Cilic mengembali­kan pukulan petenis tuan rumah Bai Yan di babak pertama Tiongkok Terbuka. Cilic menang 6-3, 6-4.
AFP PHOTO/WANG ZHAO TAMBAH POIN: Marin Cilic mengembali­kan pukulan petenis tuan rumah Bai Yan di babak pertama Tiongkok Terbuka. Cilic menang 6-3, 6-4.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia