Jawa Pos

Gerrans Terharu Sekaligus Kecewa

-

PONFERRADA – Kejutan di kejuaraan dunia road race Minggu lalu (28/9) bukan hanya gelar juara yang direbut Michal Kwiatkowsk­i (Polandia), tapi juga runner-up yang diraih pembalap Australia Simon Gerrans. Gerrans merebut medali perak setelah berinisiat­if mengejar Kwiatkowsk­i.

Padahal, saat itu di peloton banyak pembalap top. Antara lain, Peter Sagan (Slovakia), Vincenzo Nibali (Italia), Fabian Cancellara (Swiss), Alejandro Valverde (Spanyol), Joaquim Rodriguez (Spanyol), Philippe Gilbert (Belgia), dan sang juara bertahan Rui Costa (Portugal). Tapi, sebagian besar di antara mereka lebih banyak menunggu.

”Rasanya, saya ingin menangis. Saya melihat gelar juara dunia begitu dekat, tapi kemudian melihatnya terlepas di beberapa kilometer terakhir. Saya tahu kaki saya sedang bagus. Jika saja peloton berubah sedikit saja, bisa jadi saya yang jadi juara,” katanya seperti dikutip Velonews.

Hanya Gilbert dan Costa yang ikut Gerrans mengejar Kwiatkowsk­i. Belakangan, peloton merespons, tapi sudah telat. Akibatnya, nama-nama besar pem- balap itu out dari sepuluh besar.

Gerrans tidak menyangka bakal meraih medali. Pembalap 34 tahun tersebut mengaku hampir saja menangis saat finis. Keputusann­ya untuk mengejar Kwiatkowsk­i benarbenar pas. Jika saja lebih dini melakukann­ya, bukan tidak mungkin dia yang bablas jadi juara.

Kesulitan yang dialami tim Spanyol jadi satu faktor pendukung hasil akhir lomba. Rodriguez dkk yang jadi pendukung Alejandro Valverde malah mengalami kesulitan dengan layout rute. Turunnya hujan dan sedikit kabut sempat menjadi keuntungan bagi mereka karena para pembalap lain mengalami kesulitan.

”Kami nyaris senang karena hujan, karena tantangan bertambah untuk semua. Rute tak seberat yang kami bayangkan, tapi jadi sangat rumit untuk melakukan break dan mengubah strategi,” tutur Rodriguez.

Tim Spanyol sejatinya lebih menyukai rute tanjakan berat seperti yang ada pada kejuaraan dunia musim lalu di Florence, Italia. Rodriguez dan Valverde tampil kompetitif hingga akhir lomba sebelum kemenangan dicuri Rui Costa. (aga/c11/ady)

 ?? EPA/JAVIER LIZON ?? DI LUAR PREDIKSI: Simon Gerrans (kiri) bersama juara dunia Michal Kwiatkowsk­i (tengah) dan peringkat ketiga Alejandro Valverde di podium kejuaraan dunia road race (28/9).
EPA/JAVIER LIZON DI LUAR PREDIKSI: Simon Gerrans (kiri) bersama juara dunia Michal Kwiatkowsk­i (tengah) dan peringkat ketiga Alejandro Valverde di podium kejuaraan dunia road race (28/9).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia