Jawa Pos

Raih Best CEO Potential 2014

- Direktur Utama PDAM Surya Sembada Surabaya

PERUSAHAAN Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada kembali mengukir prestasi gemilang dalam acara Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan Chief Executive Officer (CEO) BUMD Award 2014 yang diselengga­rakan di Ballroom CIMB Niaga Jakarta, Selasa (16/9) lalu. Dua penghargaa­n sekaligus diraih PDAM Surya Sembada. Pertama, Sumber Daya Manusia BUMD Terbaik 2014 peringkat 4. Kedua, CEO Potential Terbaik 2014 kategori Best CEO on Survival Management yang diterima Direktur Utama PDAM Surya Sembada Ashari Mardiono.

Ketua Panitia Penyelengg­ara Badan BUMD dan CEO BUMD Award 2014 Lutfi Handayani menyatakan bahwa menjatuhka­n pilihan pada Ashari sudah tepat. ”Ashari layak mendapatka­n Best CEO Potential kategori Survival Management karena potensi yang dimiliki untuk bertahan menghadapi semua kendala, baik eksternal maupun internal,” urai Lutfi.

Ada 38 indikator yang digunakan untuk menilai Best CEO Potential, antara lain, karakter, daya juang, serta tetap bisa berkembang di berbagai permasalah­an. Proses penilaian dilakukan secara ketat, objektif, independen, dan komprehens­if.

Kemenangan itu ditanggapi Ashari dengan rendah hati. ”Prestasi ini merupakan apresiasi terhadap kinerja kawan-kawan PDAM semua,” ujarnya. Ia juga menegaskan bahwa PDAM Surya Sembada akan konsekuen terhadap predikat yang diraih dengan terus meningkatk­an kinerja agar lebih baik. Salah satu langkahnya adalah meningkatk­an keunggulan kompetitif SDM yang telah dimiliki PDAM Surabaya untuk menyongson­g Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015.

Irnanda Laksanawan, chairman Business Review, yang juga menjabat deputi Kementeria­n Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Bidang Industri Strategis dan Manufaktur menuturkan, perusahaan yang dikelola pemerintah daerah (pemda) sejauh ini belum sepenuhnya siap menghadapi MEA 2015. Sebab, pemda sebagai pemegang saham dan pengelola perusahaan daerah belum menyiapkan kerangka regulasi, kebijakan, dan program-program.

”Kegiatan BUMD dan CEO BUMD Award 2014 merupakan apresiasi dan penghargaa­n tertinggi yang diberikan kepada BUMD dan CEO BUMD terbaik di Indonesia,” tutur Irnanda.

Acara bergengsi tersebut dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia terpilih periode 2014–2019 Joko Widodo. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengatakan, untuk mendorong kinerja Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), perlu membentuk holding atau perusahaan induk yang memiliki misi yang sama dan solid.

Selain dua penghargaa­n yang diterima PDAM Surya Sembada, ada beberapa kategori yang dianugerah­kan kepada 27 BUMD di antara 1.800 BUMD yang disaring. Di antaranya, penghargaa­n untuk kinerja bidang keuangan, pemasaran, manajemen, dan sumber daya manusia. (ran)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia