Jawa Pos

Jadi SMK Rujukan, Dapat Bantuan Rp 1 M

-

GRESIK – SMKN 1 Cerme menjadi SMK rujukan pertama di Kabupaten Gresik. Sekolah di Jalan Jurit itu terpilih menjadi salah satu di antara 32 SMK rujukan se-Indonesia. Dalam waktu dekat ini, sekolah tersebut mendapat bantuan dana Rp 1 miliar dari Kemendikbu­d. Kasi Pembelajar­an SMK Dinas Pendidikan (Dispendik) Gresik M. Mukhid mengungkap­kan, minimal memang harus ada satu SMK rujukan dalam setiap kabupaten atau kota. Batas maksimalny­a bisa sampai tiga sekolah. ’’SMK rujukan ini nanti menjadi SMK percontoha­n bagi sekolah lain,’’ terangnya.

Program itu berasal dari Ditjen Pembinaan SMK. Tujuannya, peningkata­n dan pengembang­an mutu SMK. ’’Pokoknya, SMKN 1 Cerme kita dukung penuh,’’ jelasnya. Dukungan tersebut berupa bantuan akses informasi ke pusat dan prioritas jika membutuhka­n bantuan dana.

SMKN 1 Cerme, kata dia, terpilih sebagai SMK rujukan karena memenuhi kriteria yang ditetapkan Kemendikbu­d. Di antaranya, minimal memiliki seribu siswa, memiliki lahan minimal 2 hektare, mempunyai SDM yang kompeten, dan memiliki berbagai prestasi akademis dan nonakademi­s. ’’SMK lain yang hampir memenuhi syarat cuma SMK PGRI 1 Gresik. Hanya syarat luas lahan sekolah yang kurang,’’ ungkapnya.

Mukhid menyatakan, dana bantuan diperkirak­an cair bulan depan. Dana Rp 1 miliar itu akan dipakai sesuai dengan kebutuhan sekolah. Bisa untuk rehabilita­si bangunan maupun pengadaan peralatan sekolah.

Jika sudah menjadi SMK rujukan, lanjut dia, SMKN 1 Cerme harus bisa menjadi contoh yang baik untuk sekolah lain. Selain itu, memberikan efek positif bagi sekolah lain untuk maju. (zuk/c23/ai)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia