Jawa Pos

Tingkatkan PAD, Tambah Videotron

-

GRESIK – Tingginya pajak reklame dari videotron membuat pemkab tergiur. Karena itu, Badan Penanaman Modal dan Perizinan (BPMP) Gresik berupaya meningkatk­an pendapatan asli daerah (PAD) dengan menambah jumlah videotron yang dipasang. ’’Pajak videotron lumayan tinggi. Tampilan kota pun menjadi elegan,’’ kata Kabid Kebijakan dan Kerja Sama BPMP Gresik Ria Prasetyast­uti.

Kebijakan tersebut tentu terbilang aneh. Jika dibandingk­an dengan Surabaya, pemkot malah menekan dan mengetati pemasangan videotron. Salah satu pertimbang­annya adalah membuat ’’wajah’’ kota menjadi semrawut. Yang terjadi di Gresik malah sebaliknya.

Berdasar pantauan Jawa Pos, saat ini memang baru satu videotron yang terpasang di Jalan KH Wachid Hasyim, persis di depan gedung DPRD Gresik. Videotron tersebut dipasang sejak 2009. Tahun ini, reklame tersebut belum mengantong­i izin utilitas atau pemakaian kekayaan daerah dari dinas pekerjaan umum (PU).Izin tersebut diperlukan karena reklame tersebut menempati ruang milik jalan (rumija) kabupaten.

Sementara itu, berdasar keterangan Kasubid Pengembang­an Komunikasi BPMP Gresik Fauzi Budi, ada tiga pengajuan pemasangan videotron. Dua di antaranya memenuhi kualifikas­i, namun hingga kini masih dalam pengurusan. ’’Prosesnya masih kami kaji. Terutama yang berkaitan dengan tempat pemasangan­nya,’’ jelasnya.

Di sisi lain, ternyata banyak reklame lain yang bermasalah. Sebab, mereka belum membayar pajak. ’’Reklame nunggak pajak selalu ada. Kami ingin memaksimal­kan penerimaan pajak,’’ ungkap Kabid Pendataan Dinas Pendapatan, Pengelolaa­n Keuangan, dan Aset Daerah (DPPKAD) Gresik Agustin Halomoan Sinaga.

Dalam APBD Perubahan 2014, Badan Anggaran (Banggar) DPRD Gresik mendesak DPPKAD agar menggenjot pendapatan pajak reklame hingga Rp 2,2 miliar. (mar/c15/ai)

 ?? UMAR WIRAHADI/JAWA POS ?? ADA SEJAK 2009: Tahun ini videotron di Jalan KH Wachid Hasyim belum mengantong­i izin utilitas yang dikeluarka­n dinas PU.
UMAR WIRAHADI/JAWA POS ADA SEJAK 2009: Tahun ini videotron di Jalan KH Wachid Hasyim belum mengantong­i izin utilitas yang dikeluarka­n dinas PU.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia