Jawa Pos

Inspirasik­an Beragam Profesi

-

SIDOARJO – Tanpa rasa jijik dan takut, Feri Antoro memegang belatung di stoples yang dibawa Pradnya Rahmani, salah satu relawan pengajar Kelas Inspirasi di sekolahnya, kemarin (29/9). Bocah kelas VI A SDN Bligo itu terus mengamati belatung tersebut.

Rasa penasaran Feri baru terobati setelah dia mendapat penjelasan lengkap dari Pradnya. ’’Rasanya empuk kan? Itu (belatung, Red) bagian dari pasukan pengurai sampah organik agar menjadi kompos,’’ jelas Pradnya di hadapan siswa kelas IV hingga VI SDN Bligo.

Sehari-hari Pradnya aktif sebagai peneliti di sebuah lembaga lingkungan hidup yang berpusat di Swiss. Tidak heran jika dia mengajarka­n beberapa hal terkait dengan isu penyelamat­an lingkungan. Selain Pradnya, masih ada lima relawan lain yang hadir di SDN Bligo. Mereka memiliki latar belakang profesi yang beragam. Ada dosen, konsultan SDM, hingga direktur perusahaan arsitektur .

Kelas Inspirasi memang diharapkan mampu menginspir­asi siswa dengan beragam profesi. Selanjutny­a, para siswa diminta menuliskan nama dan cita-citanya di plastik stopmap. Semua lantas dirangkai dengan tali dan digantung di pohon di taman sekolah. ’’Saya ingin jadi dosen di bidang ekonomi,’’ kata Farah Nur A., siswi kelas VB.

Selain SDN Bligo, ada lima SDN di Sidoarjo yang merasakan program Kelas Inspirasi. Yakni, SDN Banjar Panji, SDN Penatar Sewu, SDN Plumnon II, SDN Kupang IV, dan SDN Kupang III. (may/c15/pri)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia