Jawa Pos

Kontestan Terbesar Berbobot 1,08 Ton

-

SIDOARJO – Halaman Pasar Induk Modern Puspa Agro berubah menjadi ’’ tempat parkir’’ bagi puluhan kambing dan sapi milik 78 peternak se-Sidoarjo. Persisnya, 59 ekor kambing dan 59 ekor sapi. Seluruh hewan itu mengikuti Kontes Ternak dan Festival Ternak Qurban Sidoarjo 2014 yang diselengga­rakan kemarin (29/9).

Di hadapan enam juri kehormatan, para peternak memamerkan ’’keindahan’’ tubuh kambing dan sapi milik mereka. Beberapa asisten juri mengukur tubuh hewan-hewan itu. Mulai berat badan, panjang, hingga lingkar dada. Puting susu sapi juga diamati, apakah ada cacat dan luka atau tidak. Di meja juri juga terdapat foto ternak-ternak tersebut.

Lomba ternak itu terbagi dalam sejumlah kategori. Di antaranya, kategori calon jantan, betina induk, kereman persilanga­n inseminasi buatan (IB), dan sapi ekstrem. ’’Setiap kategori memiliki penilaian yang berbeda,’’ kata Trilas Sardjito, dosen Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Unair yang ditunjuk menjadi ketua tim juri.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah yang hadir dalam acara itu menyatakan hendak berburu sapi berukuran besar yang dilombakan untuk kurban. Berdasar pengalaman tahun lalu, dia berhasil mendapat sapi idamannya. ’’Lebih besar dari milik gubernur dan presiden,’’ ucapnya.

Tahun ini perhatian Saiful jatuh pada sapi jenis limosin milik Abdul Soleh yang beratnya mencapai 1,08 ton. Sapi bernama Bimo itu adalah kontestan terberat pada lomba kemarin. Sayangnya, sapi empat tahun itu tidak dilepaskan pemiliknya. (laz/c23/pri)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia