Jawa Pos

Sudah Periksa Dua Karyawan Biro Haji

-

Dua saksi tersebut adalah S dan M. Hanya, polisi tidak mendapat keterangan signifikan dari keduanya.

Kepada polisi, S dan M menyebut baru saja bekerja di biro haji dan umrah milik AY. Keduanya mengaku tidak tahumenahu mengenai proses pendaftara­n haji. ”Mereka menyebut hanya mengurus pendaftara­n umrah,” ujar Sumaryono.

Tapi, polisi tidak serta-merta menelan mentah-mentah keterangan keduanya. Sebab, polisi mendapat informasi bahwa keduanya bukan pegawai baru di biro haji tersebut. Nama S bahkan disebut-sebut selama ini tahu persis dengan arus pendaftara­n haji dan umrah di biro tersebut. Sebab, S yang me- nangani masalah administra­si pendaftar haji dan umrah.

Berdasar informasi itulah, kemarin polisi juga memeriksa data-data di komputer S. Tapi, lagi-lagi upaya polisi menemui jalan buntu. ” Ternyata di komputerny­a tidak ada file sama sekali,” ungkap Sumaryono.

Polisi menduga kosongnya file tersebut sesuatu yang sengaja. Sebab, hal itu sangat tidak rasional lantaran biro haji dan umrah itu berdiri sejak beberapa tahun lalu. ”Kami menduga file-file yang ada sengaja dihapus,” ujar perwira asal Surabaya tersebut.

Karena itu, polisi bakal terus memantau gerak-gerik para saksi yang sudah diperiksa tersebut. Polisi juga akan mengorek keterangan sedalam-dalamnya tentang biro itu. Apalagi polisi menyebut sudah mengantong­i keterangan­keterangan tambahan dari pihak lain tentang orang-orang yang bekerja di tempat tersebut.

Polisi bakal berupaya maksimal mencari data-data tentang proses pendaftara­n dan pengurusan administra­si CJH yang mendaftar di biro tersebut. ”Kami tidak akan berhenti sampai di sini. Kami sudah membuat tahap-tahap untuk mengungkap ini semua. Kami yakin bisa mengungkap­nya,” papar Kepala Unit Tindak Pidana Korupsi (Kanittipik­or) Satreskrim Polrestabe­s Surabaya Iptu Made Prama.

Namun, tahap-tahap yang telah disusun tersebut tidak bakal dilaksanak­an Polrestabe­s Surabaya sendiri. ”Kami akan mengganden­g Polda Jawa Timur agar langkah kami bisa semakin luas,” tambah Sumaryono. (fim/c7/nw)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia