Jawa Pos

Kompetisi Sekaligus Promosi

-

ISTOFANI membikin Fitinline karena bidang itu masih jarang, bahkan belum dikerjakan orang lain. Keunikanny­a membuat Istofani berani mengikutka­nnya di berbagai kompetisi.

Harapannya bukan hanya menang dan memperoleh hadiah, tapi menimba ilmu sebanyak-banyaknya dari juri dan peserta lain. ”Juga sarana promosi yang paling murah,” imbuh Istofani.

Kompetisi yang pernah dia ikuti adalah Jogja Pitching Competitio­n 2013 yang diselengga­rakan Jogja Digital Valley, co-working space dari PT Telkom. Fitinline menang dan mendapat wild card untuk maju ke Indigo Incubator 2014. ”Promosi yang didapat dari situ, saya diundang untuk talk show online di acara Jagoongan dan diliput sebagai salah satu start-up oleh Bloomberg TV Indonesia,” ungkapnya.

Selanjutny­a, Istofani meraih posisi ketiga Indonesia Womenprene­ur Competitio­n 2013 yang diselengga­rakan Fimela. Fitinline juga pernah masuk 5 start-up terbaik Kementeria­n Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Dari ANGIN Women Fund, dia berkesempa­tan untuk pre-pitching kepada dewan juri yang sangat berpengala­man. ”Banyak masukan dan aku merasa beruntung bisa belajar banyak dan diskusi langsung dari orang-orang hebat seperti pendiri Lazada,” ujarnya.

Dia mengaku dapat ilmu baru ketika menjajal Global Innovation through Science and Technology 2014, Kartini Next Generation 2014, Seedstar World Competitio­n, dan Indigo Incubator 2014. Meskipun dia tidak berhasil menang, selalu ada cara berpikir baru untuk mengembang­kan bisnisnya.

Dari menjadi finalis berbagai kompetisi itu juga, namanya dan Fitinline dikenal para pemilik start-up UKM maupun digital. Jika dicek di Google, namanya pasti muncul.

”Hasil promosi ini cukup signifikan. Kunjungan ke Fitinline meningkat pesat, member juga semakin banyak,” bebernya. Saat ini Fitinline punya registered member lebih dari 1.800 dan kunjungan mencapai 5.500 per hari. Istofani juga sering diundang untuk tampil sebagai pembicara.

Dari pertemuan komunitas pebisnis yang sering dijumpai saat kompetisi, kenalan Istofani juga makin bertambah. Yang paling baru, dia sedang dikenalkan untuk penjajakan dengan investor yang tertarik dengan bisnis itu. ”Dapat banyak masukan juga, ke depan mesti going global,” tegasnya. (puz/c11/nda)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia