Jawa Pos

Markas Tim Pindah dari Inggris ke Italia

-

Di tengah-tengah pergelaran Internatio­nal Motorcycle, Scooter, and e-Bikes Fair (Intermot) di Koln, Jerman, kemarin (30/9), mereka mengumumka­n duet pembalap untuk musim depan. Dua rider muda berbakat itu adalah Aleix Espargaro dan Maverick Vinales. Dalam acara tersebut, Suzuki juga menampilka­n motor prototipe GSX-RR yang akan diterjunka­n di MotoGP 2015.

”Kami akan kembali dengan dua pembalap penuh bakat dan energi yang meledak-ledak. Memang sulit bersaing di barisan depan, namun kami akan mencobanya,” kata Team Manager Suzuki Davide Brivio dalam wawancara khusus dengan Jawa Pos di booth Suzuki.

Nama Espargaro dan Vinales sebenarnya sudah lama dikabarkan bakal memperkuat Suzuki. Namun, baru kemarin secara resmi pabrikan asal Jepang itu mengumumka­n duet pembalapny­a tersebut. Sebelumnya Valentino Rossi sempat dikabarkan bakal menyusul Brivio. Namun, hal itu terbantahk­an setelah Rossi memperpanj­ang kontrak dengan tim pabrikan Yamaha.

Rossi dan Brivio adalah sosok yang sangat dekat. Mereka pernah satu tim yang berhasil meraih beberapa kali gelar juara dunia. Karena itu, Brivio adalah sosok yang pas bagi Suzuki untuk kembali memulai perjalanan­nya di MotoGP.

Vinales sendiri cukup sensasiona­l. Dia adalah juara dunia Moto3 2013. Musim ini, di musim perdananya di ajang Moto2, dia sukses merebut dua kali kemenangan dan enam podium. Di klasemen sementara dia ada di urutan ketiga. Sedangkan Espargaro tampil hebat di MotoGP meski hanya membela tim kelas open Forward Racing. Pada lomba di Aragon pekan lalu, dia finis kedua.

Kali terakhir Suzuki tampil di MotoGP pada musim 2011. Krisis ekonomi yang menghantam Eropa membuat penjualan mereka turun. Untuk penghemata­n, proyek MotoGP yang ketika itu bernama Rizla Suzuki dihentikan.

Pada 2013 mereka mengumumka­n bakal kembali ke MotoGP. Namun, sejalan dengan adanya perubahan regulasi di MotoGP terkait electronic control unit (ECU), Suzuki akhirnya memutuskan untuk menunda comeback mereka. Dari yang awalnya 2014 menjadi 2015.

Suzuki melakukan perubahan besar-besaran dalam mengembang­kan GSX-RR. Markas tim yang sebelumnya di Inggris dipindah ke Milan, Italia. Beberapa mekanik andal juga didatangka­n tim yang sudah mengoleksi enam gelar juara dunia pembalap itu.

”Kami bangga bisa mengumumka­n bahwa Suzuki siap menyambut MotoGP 2015. Balap adalah identitas kami,” kata Toshihiro Suzuki, vice president Suzuki, yang hadir dalam peluncuran GSX-RR kemarin. (*)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia