Jawa Pos

Asah Eksekutor Set Piece

- Garuda Jaya Kembali Berlatih di Jogjakarta

JOGJAKARTA – Ajang besar bagi timnas Indonesia U-19 di Piala AFC U-19 Myanmar tinggal menghitung hari. Sepulang dari tur di Spanyol dan memberikan kesempatan pemain untuk pulang, persiapan pun kembali digeber pelatih Garuda Jaya Indra Sjafri sejak kemarin sore (30/9) di Jogjakarta.

Sebenarnya, Evan Dimas Darmono dkk berkumpul di Bumi Mataram –julukan Jogjakarta– sejak Senin sore. Tetapi, Indra baru kemarin mengasah kembali skuadnya. Khusus kondisi fisik Garuda Jaya, Indra menilai sudah cukup prima untuk menghadapi laga-laga di Piala AFC U-19 pada 9–23 Oktober mendatang. Karena itu, pelatih asli Padang tersebut memilih memaksimal­kan aspek teknis skuadnya. Yakni, terkait dengan posisi dan siapa saja pemain yang disiapkan untuk mengekseku­si set piece. Pilihan itu dilakukan Indra agar pemain yang ditunjuk bisa lebih matang dan percaya diri saat melakukan eksekusi.

’’Saya akan menyiapkan pemain-pemain yang melakukan eksekusi bola mati. Siapa saja yang mengambil tendangan bebas, penalti, maupun sepak pojok,’’ katanya kepada Jawa Pos kemarin (30/9). Meski begitu, pelatih yang berdomisil­i di Jogjakarta itu enggan menyebutka­n siapa saja pemain yang dimaksud.

’’Yang jelas, siapa pun yang kami tunjuk, dia memang yang terbaik untuk posisi itu. Kami tidak hanya mempersiap­kan satu pemain. Ada beberapa opsi pemain untuk menjadi eksekutor,’’ ungkapnya.

Kesempatan dan pengalaman yang berharga pasca menjalani uji coba di Spanyol dimanfaatk­an betul oleh Indra. ’’Kami belajar banyak hal dari Spanyol,’’ paparnya. (nap/c15/ko)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia