Jawa Pos

Verstappen Ikut Latihan di Suzuka

-

SUZUKA – Di tengah kontrovers­i terkait kemampuann­ya membalap dengan mobil Formula 1, rookie musim depan sekaligus pembalap termuda sepanjang masa Max Verstappen bakal melakoni debut akhir pekan ini di GP Jepang. Pembalap Belanda berusia 16 tahun itu dipastikan tampil di sesi latihan pertama pada Jumat (3/10) bersama tim Toro Rosso-Renault.

Putra veteran Formula 1 Jos Verstappen tersebut sudah cukup lama menunggu kepastian FIA untuk mengeluark­an superlicen­ce. Lisensi tersebut khusus diberikan kepada pembalap yang akan berlaga di ajang bergengsi F1. Dengan kepastian turunnya Verstappen di sesi latihan akhir pekan ini, berarti superlicen­ce sudah berada di genggamann­ya.

’’Saya sudah menunggu kesempatan untuk ambil bagian di sesi latihan bebas sebuah grand prix,’’ ujar pembalapya­ngmasihber­lagadi FIA European Formula 3 tersebut.

Menurut Verstappen, latihan di ajang grand prix sangat krusial bagi persiapann­ya tahun depan. ’’Kesempatan ini bahkan sama sekali tak terbayangk­an oleh saya beberapa bulan lalu,’’ jelasnya. Tampil di sesi latihan, lanjut dia, sudah menjadi sebuah mimpi yang menjadi kenyataan. Verstappen menambahka­n, sesi latihan akan digunakan untuk menambah jam terbang di atas mobil F1 dan membiasaka­n bekerja sama dengan tim. Tidak ada target yang ingin diraih Jumat nanti. ’’Saya tidak akan memecahkan rekor apa pun. Saya hanya ingin menambah pengalaman,’’ jelasnya.

Kiprah Verstappen yang memulai debut di usia sangat belia menuai kontrovers­i sejak Toro Rosso meneken kontrak dengannya untuk musim 2015. Banyak pembalap top dunia menyangsik­an kemampuan Verstappen mengendali­kan mobil Formula 1 dengan umur semuda itu. (cak/c17/ham)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia