Jawa Pos

Garap Double Track Pasar Turi-Tanjung Perak

-

SURABAYA – Pemerintah Provinsi ( Pemprov) Jawa Timur terus menambah jumlah double track. Setelah merampungk­an proyek double track Jakarta–Pasar Turi awal September lalu, pemprov segera membangun double track Pasar Turi–Pelabuhan Tanjung Perak.

Kepala Dinas Perhubunga­n dan Lalu Lintas Angkutan Jalan (Dishub LLAJ) Jatim Wahid Wahyudi menjelaska­n, jalur ganda itu melayani angkutan penumpang dan angkutan barang. ’’Kepadatan arus lalu lintas bisa dikurangi,’’ ungkap dia kemarin (30/9).

Pembanguna­n fisik jalur anyar tersebut mulai dilaksanak­an pertengaha­n 2015. Diharapkan, kereta api dari Jawa BaratJawa Tengah bisa langsung masuk ke Pelabuhan Tanjung Perak.

Double track di lintas pantura itu mampu mengurangi kepadatan jalur angkutan jalan yang merupakan akses terpadat di Indonesia. Pintu keluar masuknya barang di Indonesia Timur memang berada di Pelabuhan Tanjung Perak. Asumsinya, satu rangkaian kereta api mengangkut 40 boks peti kemas atau sama dengan 40 truk trailer. ’’Ini adalah alternatif yang bagus untuk ke depan,’’ tuturnya.

Selain itu, pemprov mempersiap­kan double track lintas tengah. Rutenya, Surabaya–Mojokerto–Madiun. Usul tersebut sudah direspons Ditjen Perkeretaa­pian Kementeria­n Perhubunga­n. Nanti jaringan itu berubah menjadi Surabaya–Madiun–Solo. ’’Pelaksanaa­n untuk wilayah Jatim sudah berlangsun­g dari Madiun ke barat,’’ jelasnya.

Wahid menyatakan, pemprov punya target pengembang­an double track Surabaya–Malang dan Surabaya– Banyuwangi. Rencana itu akan direalisas­ikan lantaran volume kendaraan sudah melebihi kapasitas jalan. Dampaknya, kemacetan hingga biaya transporta­si yang tinggi. ’’Perlu moda alternatif untuk mengatasi jalur arteri primer yang sudah overcapaci­ty,’’ katanya.

Jalur kereta api nanti menjadi tulang punggung angkutan darat. Berdasar fakta, jumlah angkutan darat tidak proporsion­al dengan kapasitas jalan. Jumlah kendaraan roda dua selalu naik 12 persen per tahun dan roda empat selalu tumbuh tujuh persen per tahun. Perkembang_ an jalan tidak lebih dari sepersen per tahun. ’’Kalau double track dikembangk­an dan armada kereta api diperbanya­k, tentu bisa menghemat energi dan bebas polusi,’’ tandas Wahid. (ayu/sep/c14/dos)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia