Jawa Pos

KA Perintis Sumo Lewat Tulangan

-

SURABAYA – Kereta lokal jurusan Surabaya– Mojokerto (Sumo) menggeliat kembali. PT KAI mulai akhir Oktober nanti dijadwalka­n mengoperas­ikan kereta rel diesel Indonesia (KRDI). Kereta yang baru selesai produksi dari PT Inka itu melayani rute melalui Tulangan–Tarik, Sidoarjo, pergi-pulang. KRDI menjadi moda alternatif selain KA Arek Surokerto yang sebelumnya melayani Sumo melalui Sepanjang–Krian–Kedinding.

’’KRDI ini merupakan kereta perintis yang diminta Ditjen Perkeretaa­pian untuk menghidupk­an perekonomi­an masyarakat setempat,’’ ungkap Vice President Pemasaran Angkutan Penumpang PT KAI Tri Noviatri kemarin (30/9). Pihaknya berupaya tidak terpengaru­h terkendala­nya proyek angkutan masal cepat (AMC) Pemkot Surabaya di kementeria­n.

Dengan dibukanya rute baru tersebut, Novi berharap masyarakat bisa beralih dari moda transporta­si pribadi ke angkutan masal. Rute sejauh 22 kilometer dari Stasiun Sidoarjo–Kedinding diyakini bisa memangkas waktu tempuh lebih cepat dibandingk­an dengan menggunaka­n moda angkutan jalan raya.

Apalagi, Novi tengah mengampany­ekan program angkutan kereta kepada pelajar. Mereka dibidik untuk memengaruh­i keluarga. Pengoperas­ian KRDI perintis mulai akhir Oktober menandai momen pergantian pemerintah­an. Di bawah Presiden Jokowi, angkutan masal berbasis kereta diharapkan mendapat porsi yang proporsion­al.

Sebagai garansi keandalan armada, PT Inka menegaskan, KRDI untuk rute perintis itu berbeda dengan kereta rel diesel elektrik (KRDE) produksi sebelumnya. Kereta sudah melewati berbagai pengujian dan proses sertifikas­i. ’’Lokomotif KRDE sebelumnya perpaduan dengan Korea Selatan yang komponenny­a terbatas,’’ jelas Senior Manager Secretary & General Affair PT Inka Cholik Muchamad. (sep/c15/dos)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia