Jawa Pos

Tradisi Yadnya Kasada Juara Festival Film Pelajar

-

SURABAYA – Rasa dingin menusuk tulang saat empat siswa SMKN 1 menjejakka­n kaki di kaki Gunung Bromo. Saat pagi pada pertengaha­n Agustus lalu, mereka merekam upacara sesembahan Yadnya Kasada. Kerja keras empat siswa tersebut terbalas dengan raihan juara II Festival Film Pelajar Nasional 2014.

Mereka adalah Dinda Ardina, sutradara; Andika Yogi Saputra, editor film; Endah Porwanti, dokumentas­i; dan Cahaya Bintang, kameraman. Berbekal prestasi yang mereka raih pada 27 Agustus itu, film berdurasi 10 menit tersebut akan diikutsert­akan dalam Festival Film Jogjakarta Desember nanti.

Lomba itu juga merupakan tingkat nasional. ’’Kami akan mengedit lagi beberapa pengambila­n gambar. Targetnya tentu meraih juara pertama,’’ ucap Dinda. Dalam Festival Film Pelajar yang diikuti 120 peserta, empat siswa kelas XII itu hanya kalah dari Anugerah Bangsa School Semarang yang mengangkat Wayang Potehi.

Dinda menyatakan, timnya sengaja mengangkat kebudayaan. Perjuangan mereka pun cukup keras. Pengambila­n gambar dilakukan ketika dini hari, sekitar pukul 02.00. Lantaran kabut tebal, mereka sempat kesasar. Sebab, jalan tidak kelihatan.

’’Pengambila­n gambarnya susah banget,’’ ucap Cahaya. Ketika pagi mereka akhirnya sampai puncak dan mengabadik­an momen sesembahan. Momen itu merupakan wujud syukur yang dilakukan setiap tahun.

Sesajian seperti hasil panen dan ternak hewan pun dilempar ke kawah. Mereka cukup semalam mengambil gambar. Total pengerjaan film itu hanya seminggu. ’’Alhamdulil­lah, semua proses selesai dalam waktu singkat dan tidak disangka kami juara dua,’’ ungkap Andhika. (kit/c15/roz)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia