Jawa Pos

Hanya Kelulusan Ujian Kejar Paket C IPA Yang Turun

-

SURABAYA – Peserta ujian nasional (unas) kejar paket bakal menerima kepastian hasil belajar mereka. Hasil unas gelombang kedua kejar paket A, B, dan C dikirim ke kabupaten/kota kemarin (30/9). Sebagian besar lulus.

Bidang Pendidikan Nonformal dan Informal (PNFI) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Jatim Nasor menjelaska­n, hari ini hasil unas didistribu­sikan dari kabupaten/ kota ke pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM). ’’Tadinya memang telat. Hanya ada yang paket C IPS. Tapi, ini sudah ada semua hasilnya,’’ katanya di Dikbud Jatim kemarin.

Nasor memastikan tingkat kelulusan meningkat cukup signifikan. Peserta ujian paket A gelombang kedua lulus 100 persen. Kejar paket B lulus 95,3 persen. Di antara 3.742 peserta, yang tidak lulus 186 warga belajar.

Untuk kejar paket C IPA, tahun ini tingkat kelulusan turun. Kelulusan mencapai 97,73 persen. Di antara total 264 peserta, yang tidak lulus 6 orang. Dalam ujian paket C IPS, kelulusan mencapai 97,16 persen. Di antara 10.378 peserta, yang tidak lulus 295 orang.

Menurut Nasor, ketidaklul­usan itu disebabkan peserta tidak hadir saat ujian. Namun, jumlah kelulusan meningkat bila dibandingk­an dengan angka kelulusan ujian kejar paket gelombang kedua pada 2013.

Hal itu terbukti dari angka kelulusan paket B yang hanya 82,22 persen tahun lalu. Untuk kejar paket C IPA, tahun lalu kelulusan mencapai 98,57 persen. (der/c17/roz)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia