Jawa Pos

Sepatu Cantik dari Lelehan Plastik

-

BANYAK sekali ide untuk mengkreasi­kan barang bekas menjadi barang lebih bermanfaat. Misalnya, yang dilakukan Adi Subagio, salah seorang kader lingkungan di Kampung Kertajaya 7B RT 3, RW 4, Kelurahan Airlangga, Kecamatan Gubeng. Dia membuat sepatu plastik cantik. Sepintas barang tersebut seperti sepatu Cinderella dari kaca.

Sepatu unik itu dibuat setelah melalui 4–7 kali percobaan. Adi menceritak­an, semula membuat sepatu dari lelehan plastik yang dicetak tersebut sangat sulit. Namun, berkat kerja terus-menerus, akhirnya dia berhasil membuatnya.

Butuh waktu tiga hari untuk menuntaska­n sepasang sepatu. Sebab, pembuat sepatu mesti berhati-hati. Jika tidak, tangan atau tubuh lain bisa terkena lelehan plastik panas. ’’Sepatu ini tidak bisa dipakai berlama-lama karena plastiknya tidak mampu menopang berat tubuh. Hanya untuk hiasan. Tapi, sesekali bisa dimanfaatk­an untuk sesi foto,’’ ungkapnya.

Pemasaran sepatu itu belum dilakukan. Sebab, Adi belum mengetahui pemasarann­ya bagaimana. Namun, selama ada pameran, hasil kreasinya itu juga dipajang. Banyak yang tertarik akan keunikanny­a.

Di kampungnya, Adi menjadi salah seorang pelopor. Sepatu tersebut merupakan salah satu contoh bahwa barang bekas bisa dimanfaatk­an menjadi barang lebih berguna. Warga juga belajar memanfaatk­an sampah kertas untuk dimodifika­si menjadi tas dan sejenisnya. ’’Kampung ini masih masuk dalam kategori pemula. Tetapi, kami akan terus bangkit dan berkembang,’’ ujarnya. (ind/c7/hud)

 ?? INDIANI KUSUMA / JAWA POS ?? HASIL PERCOBAAN: Sepatu yang dibuat dari bahan plastik bekas karya Adi Subagio, warga Kelurahan Airlangga, Kecamatan Gubeng.
INDIANI KUSUMA / JAWA POS HASIL PERCOBAAN: Sepatu yang dibuat dari bahan plastik bekas karya Adi Subagio, warga Kelurahan Airlangga, Kecamatan Gubeng.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia