Jawa Pos

Gelar Baca Tingkatkan Minat Baca Siswa

-

SIDOARJO – Beragam upaya dilakukan untuk meningkatk­an minat baca di kalangan siswa. Setelah lomba memasak dengan resep dari buku, Kantor Perpustaka­an dan Kearsipan Sidoarjo mengadakan acara gelar baca.

Acara yang diikuti seribu siswa dari seratus SD tersebut berlangsun­g di Pendapa Delta Wibawa kemarin (30/9). Empat unit mobil perpustaka­an keliling lantas diserbu para pelajar. Rata-rata mereka meminjam buku dongeng dan ensikloped­ia.

Sebagai puncak acara, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah duduk bersama dengan para murid di panggung. Perwakilan muspida (musyawarah pimpinan daerah) pun turut duduk bersila di tempat yang sama. Mereka berbarenga­n membaca cerita rakyat asli Indonesia. Antara lain kisah Ande-Ande Lumut dan legenda Nyi Roro Kidul. Dipimpin langsung Saiful, anak-anak tersebut antusias membaca cerita. ”Ayo, coba kamu baca,” katanya kepada salah seorang murid.

Murid itu lantas membaca buku tentang kisah Ande-Ande Lumut. Pada bagian Yuyu Kangkang hendak mencium Kleting Kuning, Saiful lantas menggoda bocah tersebut. ”Apa itu dicium?” tanya dia. Anak itu hanya tersenyum.

Gelar baca merupakan upaya untuk meningkatk­an budaya membaca sejak dini. ”Minat baca di Jatim masih 56 persen,” ungkap Kepala Kantor Perpustaka­an dan Kearsipan Sidoarjo Sutjipto. Dalam kesempatan tersebut, Dewi Rasawulan, pemenang lomba baca yang diadakan Kantor Perpustaka­an dan Kearsipan Sidoarjo, membaca cerita Ande-Ande Lumut. Pelawak Topan juga ikut serta memeriahka­n acara itu. (laz/c9/ai)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia