Jawa Pos

Diskon Hari Kotak, Antre sejak Dini Hari

-

LONDON – Ratusan orang mengantre dengan wajah tidak sabar di luar pusat perbelanja­an Bullring yang terletak di Birmingham, Inggris, kemarin pagi (26/12). Cuaca yang dingin tidak membuat antrean berkurang.

Bahkan, para pemburu diskon itu mengantre sejak pukul 01.00, meski toko baru buka pukul 06.00. Sebab, mereka tidak ingin kehilangan kesempatan untuk memburu barang murah saat Boxing Day tahun ini. Tidak tanggung-tanggung, diskon yang diberikan bisa mencapai lebih dari 60 persen untuk hampir semua barang.

Antrean seperti itu juga tampak di gerai-gerai high fashion lain seperti Next, Harrods, Debenhams, dan berbagai gerai lain. Di Harrods, pegawai toko sampai membagikan selimut dan cokelat panas kepada para pengunjung yang mengantre sejak dini hari. ’’Biasanya, penjualan Boxing Day menjadi yang tertinggi di Inggris, tapi tahun ini kemungkina­n lebih rendah daripada penjualan saat Black Friday,’’ ujar seorang petinggi perusahaan pusat informasi Experian, Giles Longhurst.

Dua acara diskon itu memang paling ditunggu penduduk. Black Friday adalah acara diskon yang diadakan saat liburan Thanksgivi­ng. Sementara itu, Boxing Day adalah diskon yang dihelat sehari setelah Natal. Kata boxing tidak merujuk pada tinju, melainkan kotak ( box) yang biasa dipakai untuk membungkus kado saat Natal. Selain diskon, dalam Boxing Day, majikan dan para pengusaha biasanya memberikan kado untuk bawahan mereka.

Dalam Boxing Day tahun ini, ada puluhan toko-toko retail dan pusat perbelanja­an di Inggris yang memberikan diskon besar-besaran. Begitu toko dibuka, pengunjung yang sudah bersiap dengan tas plastik langsung menyerbu dan mengambil barang yang didiskon. Umumnya, mereka memiliki incaran barang sejak toko belum dibuka. Namun, ada pula pembeli yang memborong secara membabi buta.

Toko-toko online pun ikut berpartisi­pasi dalam kegiatan tersebut. Pengunjung setiap menit diperkirak­an menghabisk­an GBP 519 ribu atau setara dengan Rp 10 miliar untuk berbelanja secara online di acara Boxing Day ini. (Daily Mail/BBC/sha/c15/tia)

 ?? DAILY MAIL ?? LAYANAN MAKSIMAL: Petugas department store Harrods membagikan selimut untuk calon pembeli yang mengantre di depan toko mereka kemarin.
DAILY MAIL LAYANAN MAKSIMAL: Petugas department store Harrods membagikan selimut untuk calon pembeli yang mengantre di depan toko mereka kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia