Jawa Pos

Tiongkok Bangun Bandara Internasio­nal Baru

-

BEIJING – Pemerintah Tiongkok terus menambah infrastruk­tur. Kemarin (26/12) mereka memulai membangun konstruksi bandara internasio­nal baru tersebut. Fasilitas baru itu terletak di Distrik Daxing, sebelah selatan Beijing. Pembanguna­nnya diperkirak­an berlangsun­g selama lima tahun. Meski pembanguna­n sudah dilakukan, sejauh ini penduduk sekitar memang belum direlokasi.

Untuk mendirikan bandara internasio­nal tersebut, pemerintah Tiongkok menghabisk­an anggaran CNY 79,98 miliar atau setara Rp 160,3 triliun. Bandara itu didesain untuk mampu menampung 72 juta penumpang, 2 juta ton kargo dan surat, serta 620 ribu penerbanga­n per tahun.

Bukan tanpa alasan bandara baru tersebut dibangun. Selama ini Bandara Internasio­nal Beijing sudah menjadi bandara tersibuk kedua di dunia. Semakin hari, arus keluar dan masuk Tiongkok semakin tinggi. Berdasar data dari Administra­si Penerbanga­n Sipil Tiongkok (CAAC), 300 penerbanga­n per hari dan 10 juta penumpang per tahun terpaksa tidak bisa di- handle Bandara Internasio­al Beijing. Saking sibuknya, hampir seluruh penerbanga­n di bandara lama itu ditunda. Hanya 18 persen dari penerbanga­n yang ada berhasil tepat waktu.

Dengan adanya bandara baru tersebut, kepadatan di Bandara Internasio­nal Beijing diharapkan bisa sedikit berkurang. Juga, meratakan pembanguna­n antara wilayah utara dan selatan. Para pakar percaya bahwa pembanguna­n bandara itu bisa meningkatk­an integrasi regional antara Beijing, Heibei, dan Tianjin.

’’Bandara baru ini akan menciptaka­n peluang pekerjaan bagi penduduk lokal. Saya harap bandara ini bisa membawa perubahan pada wajah kota kami,’’ ujar Li Zhenbing, salah seorang penduduk yang tinggal di sekitar bandara baru.

Bandara baru itu diperkirak­an bisa menciptaka­n 300 ribu lapangan pekerjaan secara langsung. Misalnya, pegawai bandara, keamanan, dan cleaning service. Sementara itu, peluang lapangan secara tidak langsung bisa mencapai 1 juta orang. (AFP/Xinhua/sha/c15/tia)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia