Jawa Pos

PLN Pastikan Tidak Ada Pemadaman

-

JAKARTA – Selama libur Natal dan tahun baru, PLN memastikan tidak ada pemadaman listrik yang terencana. Sebab, sejak H-3 Natal hingga H+7 Tahun Baru 2015, perusahaan setrum BUMN itu tidak melakukan pemelihara­an yang mengganggu pasokan listrik. Sebagai antisipasi, PLN sudah melakukan pemelihara­an sebelumnya.

Manajer Senior Komunikasi Korporat PLN Bambang Dwiyanto menyatakan, pihaknya sudah mengamanka­n pasokan listrik pada perayaan Natal dan pergantian tahun. Koordinasi operasi antara unit pembangkit­an, penyaluran, dan distribusi dipastikan solid. Artinya, jika tidak ada pembangkit yang bermasalah, tidak ada pemadaman. ’’Petugas-petugas gangguan dan unit-unit PLN telah menyiapkan pedoman operasi khusus,’’ ujarnya kemarin.

Dia menjelaska­n, pada libur panjang ini, penggunaan listrik menurun cukup drastis. Apalagi, tepat pada perayaan Natal, 25 Desember, itu dipicu banyaknya perkantora­n yang libur dan tidak beroperasi­nya industri. Penurunan tersebut terlihat di koneksi listrik Jawa Madura Bali ( Jamali).

’’Beban puncaknya turun 12,7 persen dibanding hari yang sama minggu sebelumnya,’’ urainya. Dia memerinci, pada Kamis (18/12) beban Jamali mencapai 22.510 megawatt (mw) yang terjadi pukul 18.30 WIB. Sementara itu, Kamis (25/12) turun menjadi 19.652 mw.

Situasi serupa terjadi di luar Jawa. Nah, tren penurunan itu diprediksi terus terjadi hingga 1 Januari. Khusus Jamali, beban puncak penggunaan listrik diprediksi menurun sampai 17.809 mw. Meski demikian, angka tersebut bisa turun lagi kalau masyarakat tetap menjalanka­n perilaku hemat listrik.

Situasi seperti itu memang berulang terjadi saat libur keagamaan, terutama Idul Fitri dan Natal. Saat Lebaran lalu, dampak menurunnya listrik membuat 16 pembangkit listrik berkapasit­as 6.706 mw mendapat kesempatan beristirah­at. (dim/c19/oki)

 ?? BEKY SUBECHI/JAWA POS ?? JADI SATU: Penumpang check in di T2 Bandara Juanda di Sidoarjo. Penyatuan airport tax dengan tiket pesawat bakal memudahkan penumpang.
BEKY SUBECHI/JAWA POS JADI SATU: Penumpang check in di T2 Bandara Juanda di Sidoarjo. Penyatuan airport tax dengan tiket pesawat bakal memudahkan penumpang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia