Jawa Pos

Tiner Tumpah, 3 Bangunan Terbakar

-

MALANG – Kebakaran kembali terjadi di Kota Malang kemarin pagi (26/12). Kali ini kobaran api melalap bengkel las Talun Jaya di Jalan KH Hasyim Asy’ari Gang VI, Kelurahan Kauman, Kecamatan Klojen. Selain meludeskan bengkel las, dua bangunan lain yang berdempeta­n tepat di sebelah baratnya turut terbakar. Untungnya, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Haris Budiman, 69, saksi sekaligus pemilik bengkel, menjelaska­n, kebakaran terjadi karena luberan tiner di lantai yang kemudian tersulut bunga api. Percikan bunga api itu tercipta setelah salah seorang karyawanny­a mengerjaka­n pagar besi pesanan dengan menggunaka­n mesin gerinda. ’’Kejadianny­a cepat. Api langsung membesar,’’ jelasnya.

Para karyawan yang memulai aktivitas sejak pukul 07.00 tersebut langsung semburat untuk menyelamat­kan diri. Seorang karyawan menyelamat­kan satu unit sepeda motor yang terparkir di dalam bengkel. Tetapi, satu unit motor lain dan sebuah mobil tidak terselamat­kan sehingga hangus terbakar di dalam bengkel.

Kepanikan tidak hanya berhenti di bengkel las. Sebab, api dengan cepat menjalar dan melalap bangunan percetakan Bintang Tiga milik Eko Subagyo. Delapan orang karyawan percetakan langsung berhambura­n untuk menyelamat­kan diri dan mengamanka­n sepeda motor masingmasi­ng yang terparkir di dalam bangunan.

’’Tidak sempat menyelamat­kan barang-barang percetakan karena kejadianny­a cepat,’’ ungkap Pujio Dwi Sanyoto, salah seorang karyawan percetakan. Akibatnya, tiga unit mesin percetakan senilai puluhan juta rupiah ikut terbakar.

Sementara itu, Candra Susanto, 66, pemilik rumah yang terletak dua bangunan dari lokasi kejadian, turut terkena imbas. Sebagian rumahnya ikut terbakar. ’’Yang terbakar adalah genting dan kayu yang tepat berdempeta­n dengan bangunan percetakan (Bintang Tiga),’’ terangnya.

Petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi pukul 08.20. Sekitar sejam kemudian, lima unit mobil pemadam kebakaran (PMK) Kota Malang berhasil menjinakka­n api. Polisi yang datang langsung memasang police line di lokasi. (zal/JPNN/c23/dwi)

 ?? ABDUL AZIZ/JAWA POS RADAR MALANG ?? MELUAS: Puing-puing berserakan di percetakan setelah terimbas kebakaran yang melalap bengkel las.
ABDUL AZIZ/JAWA POS RADAR MALANG MELUAS: Puing-puing berserakan di percetakan setelah terimbas kebakaran yang melalap bengkel las.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia