Jawa Pos

Bandara Hang Nadim Bukukan Rp 110 M

- Jumlah Penumpang dan Penerbanga­n Juga Meningkat

BATAM – Pendapatan Bandara Internasio­nal Hang Nadim, Batam, melebihi target yang dicanangka­n BP Batam. Hingga akhir tahun ini, mereka berhasil meraup angka RP 110 miliar. Dibandingk­an dengan tahun lalu, pendapatan itu naik sekitar 10 persen.

’’ Target kami hanya Rp 100 miliar. Namun, saat ini sudah surplus Rp 10 miliar,’’ kata Plt Kepala Bandara Internasio­nal Hang Nadim, Batam, Suwarso saat ditemui kemarin (26/12).

Menurut dia, pada 2013 pendapatan Hang Nadim sekitar Rp 100 miliar. Kenaikan pendapatan tahun ini merupakan hasil dari optimalisa­si beberapa titik yang menjadi sumber pemasukan. ’’Contohnya, kami mengoptima­lkan bagian parkir dan gudang,’’ ungkapnya.

Kabid Komersial Bandara Hang Nadim Dendi Gustinanda­r menambahka­n, untuk bagian parkir, kenaikanny­a dibandingk­an dengan tahun lalu mencapai Rp 4 miliar. Untuk ba- gian kargo atau gudang, pemasukan Bandara Hang Nadim naik Rp 6 miliar.

Mengacu pada tren peningkata­n kinerja itu, pengelola yakin bisa meningkatk­an target pendapatan untuk 2015. ’’Tahun depan kami berharap bisa membukukan pendapatan Rp 120 miliar. Pelayanan akan lebih kami optimalkan sehingga makin banyak pengunjung yang menggunaka­n jasa Hang Nadim,’’ tuturnya.

Selain kenaikan pendapatan, Hang Nadim mencatat pertumbuha­n penumpang pada 2014 sebesar 12 persen. Sementara itu, pertumbuha­n penerbanga­n mencapai 6 persen.

Untuk diketahui, Bandar Udara Internasio­nal Hang Nadim terletak di Batu Besar, Nongsa, Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Hang Nadim diambil dari nama seorang laksamana yang sangat terkenal dari Kesultanan Malaka. Landasan pacunya termasuk salah satu yang terpanjang di Indonesia, yakni 4.025 meter. Bandara tersebut dibuka secara resmi untuk penerbanga­n domestik pada Februari 1985, dan mulai melayani penerbanga­n internasio­nal pada Januari 1990. (cr3/c15/fat)

 ?? EDO DWI/BANTEN POS ?? PENANGKAPA­N TERBESAR: Polda Banten memamerkan ganja kering siap edar sebanyak 160 kg kemarin.
EDO DWI/BANTEN POS PENANGKAPA­N TERBESAR: Polda Banten memamerkan ganja kering siap edar sebanyak 160 kg kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia