Jawa Pos

Mendag Jamin Kelancaran Logistik

-

AKTIVITAS perdaganga­n di Kabupaten Bandung yang tergenang banjir nyaris lumpuh. Mayoritas pedagang di hampir semua pasar sulit berjualan. Bahkan, ada yang terpaksa tidak beraktivit­as. Pemerintah melalui Menteri Perdaganga­n Rachmat Gobel berjanji membantu perbaikan pasar-pasar tersebut agar bisa beroperasi normal.

”Aktivitas perdaganga­n di lokasi banjir 95 persen lumpuh,” tutur Rachmat saat mengunjung­i Pasar Dayeuh Kolot, Kabupaten Bandung, kemarin.

Dayeuh Kolot merupakan salah satu pasar yang terdampak banjir paling parah sehingga banyak pedagang yang tidak bisa berjualan.

Mendag juga menuturkan, jalur distribusi logistik saat ini mengalami hambatan karena infrastruk­tur jalan dari Bandung ke Dayeuhkolo­t hanya bisa dilewati melalui Bojongsoan­g. Harga sejumlah bahan pokok masih stabil. Kecuali beberapa komoditas yang mengalami kenaikan. Di antaranya, telur, cabai, daging ayam broiler, dan daging sapi. ”Banjir menyebabka­n distribusi logistik terganggu dan memengaruh­i harga sejumlah komoditas,” jelas Mendag.

Mendag menyatakan telah berkoordin­asi dengan Pemprov Jawa Barat, Kementeria­n Perhubunga­n, dan kepolisian untuk memperlanc­ar arus barang ke daerah terdekat dengan lokasi banjir. Tujuannya, kebutuhan pokok tetap tersedia dan tidak langka. ”Pasokan saat ini masih aman,” ujarnya.

Salah seorang pedagang Pasar Baleendah, Asep, 40, mengatakan, meski pasar di tempatnya berjualan tidak terendam banjir, omzet yang didapatkan­nya turun drastis sejak banjir menggenang wilayah Baleendah, Dayeuhkolo­t, dan Bojongsoan­g. ”Pendapatan kotor setiap hari biasanya Rp 5 juta, sekarang paling hanya Rp 2 juta,” kata Asep. (mld/JPNN/c7/fat)

 ?? KHAIRIZAL MARIS/RADAR BANDUNG ?? TINJAU BANJIR: Menteri Perdaganga­n Rachmat Gobel mengunjung­i pedagang di salah satu pasar yang terendam air.
KHAIRIZAL MARIS/RADAR BANDUNG TINJAU BANJIR: Menteri Perdaganga­n Rachmat Gobel mengunjung­i pedagang di salah satu pasar yang terendam air.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia