Jawa Pos

Siapkan 5.650 Personel untuk Sambut Jokowi

-

JAYAPURA – Presiden Joko Widodo dipastikan tiba di Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura, pukul 14.00 WIT hari ini (27/12). Kedatangan pertama Jokowi sejak menjadi presiden itu bertujuan untuk menghadiri perayaan Natal Bersama di Papua sekaligus memenuhi janjinya ketika kampanye pemilu untuk datang lagi ke Papua setelah menjadi presiden.

Meski beberapa waktu lalu terjadi gejolak di beberapa titik di Papua, pihak keamanan yakin situasi saat ini kondusif. Bahkan, Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII/Cenderawas­ih Kolonel Arh Rikas Hidayatull­ah meyakinkan bahwa seluruh rakyat Papua tidak sabar menunggu kehadiran presiden.

’’Pasukan gabungan TNI dan Polri yang kami siapkan mencapai 5.650 prajurit untuk mengamanka­n Bapak Presiden selama berada di tanah Papua. Ini adalah suatu kehormatan beliau dapat merayakan Natal bersama masyarakat Papua,’’ ujarnya kepada Cenderawas­ih Pos kemarin.

Mengenai rute kedatangan Jokowi, Rikas tidak berani memastikan karena Jokowi punya kebiasaan blusukan. Namun, sebagai gambaran, kata dia, Jokowi akan sampai di Papua pukul 14.00, lalu melakukan pertemuan dengan tokoh adat serta tokoh agama di GOR Waringin, Kota Jayapura. Setelah itu, Jokowi akan menuju Wihara Skyline guna melihat proyek besar pembanguna­n Jembatan Holtekamp.

’’Kami sudah siap jika Bapak Presiden ingin mendekat ke Jembatan Holtekamp lewat Lantamal X Jayapura dengan boat. Kalau tidak, beliau akan langsung menuju ke Pasar Mama-Mama Papua di Jayapura, lalu beristirah­at. Selanjutny­a, pukul 19.00 ke Stadion Mandala untuk merayakan Natal Bersama,’’ paparnya.

Setelah sehari di Jayapura, Jokowi dijadwalka­n terbang ke Wamena, Kabupaten Jayawijaya, lalu terbang lagi ke Kota Sorong. Senin (29/12) dia meninggalk­an Papua untuk kembali ke Jakarta. (rib/c5/fat)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia