Jawa Pos

Naga Mekes Jajal Eks Villarreal Hari Ini

-

JAKARTA – Mitra Kukar sudah menemukan pengganti Erick Weeks Lewis, playmaker andalan mereka di Indonesia Super League musim lalu. Klub berjuluk Naga Mekes yang tengah mengadakan pemusatan latihan di Bangkok, Thailand, itu menggaet mantan pemain Villarreal, Cristobal Marquez Crespo.

Kepada Jawa Pos di Jakarta, Presiden Mitra Kukar Endri Erawan menyebut faktor pengalaman sebagai alasan yang mengakibat­kan pihaknya memutuskan mengontrak Crespo. ’’Kami lihat di posisi itu ( playmaker, Red) dia sudah sesuai dengan kebutuhan tim,’’ ujarnya.

Pemain berusia 30 tahun itu kini telah bergabung dalam program pemusatan latihan di Lapangan Internatio­nal School Bangkok (ISB), Bangkok, Thailand, kemarin sore (26/12). Selain di Liga Spanyol bersama, antara lain Villarreal dan Elche, gelandang kelahiran Madrid itu tercatat pernah merumput di Ukraina, Selandia Baru, dan terakhir di Yunani.

Secara statistik, rekam jejak Crespo sejatinya tidak terlalu meyakinkan. Di Villarreal, dia lebih banyak bermain di tim B. Sementara itu, di skuad utama yang hanya semusim, dijalani pada 2010–2011, Crespo cuma bermain dua kali. Tahun lalu dia membela Auckland City, klub yang baru saja sukses menembus semifinal Piala Dunia Antarklub di Maroko dengan catatan tampil tiga kali dan mencetak dua gol. Di Ukraina bersama FC Karpaty Lviv, Crespo hanya bermain tujuh kali dalam dua tahun (2011–2013).

Di klub itu, dia mengalami permasalah­an kontrak yang berujung pada perkara hukum. Crespo lantas memenangka­n gugatan dan berhak atas kompensasi 600 ribu euro. Endri tidak menyebut jumlah persis besaran nilai kontrak Crespo. Yang pasti, durasinya hanya semusim. ’’Ada beberapa item pelengkap yang memang belum disepakati, walaupun kami sudah deal kontrak,’’ ungkapnya.

Rencananya, hari ini pelatih Scott Cooper menjajal Crespo dalam uji coba dengan salah satu klub lokal di Thailand. Setelah dari pemusatan latihan di Bangkok, kesehatan dia akan kembali dites di Jakarta. ’’Mungkin akan kami perkenalka­n kepada publik setelah tes medis itu,’’ kata Endri. (ren/abe/JPNN/c15/ttg)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia