Jawa Pos

Evans Buru Kado Perpisahan

- BMC Dukung Total di Tour Down Under

ADELAIDE – Cadel Evans telah memutuskan pensiun dari balapan sepeda profesiona­l pada awal tahun depan. Dan, event perpisahan yang dipilih adalah terjun dalam Tour Down Under 2015 di Adelaide, Australia, pada 18–25 Januari dan Great Ocean Road Race pada 1 Februari nanti.

Sebagai pembalap asal Australia, Tour Down Under punya arti istimewa bagi Evans. Kebetulan, meski punya prestasi hebat dalam berbagai event, termasuk menjuarai grand tour Tour de France 2011 dan penguasa point classifica­tion Giro d’Italia 2010, dia belum pernah juara Tour Down Under.

Evans memang pernah meraih gelar young rider classifica­tion dalam Tour Down Under 1999, kemudian mountains classifica­tion pada Tour Down Under 2002, 2003, dan 2006. Tetapi, untuk juara general classifica­tion, dia belum pernah mendapatka­nnya. Prestasi terbaiknya musim lalu adalah runner- Tahun usia Cadel Evans saat ini. Itulah usia dia memutuskan untuk pensiun. Hingga kini, Evans tercatat sebagai satu-satunya pembalap asal Australia yang memenangi Tour de France. up di belakang Simon Gerrans.

Nah, kali ini Gerrans absen. Inilah kesempatan bagi Evans untuk mengakhiri karir dengan gelar di rumah sendiri. Timnya, BMC Racing, juga memberikan dukungan penuh sebagai kado perpisahan. Mereka menyiapkan skuad tangguh untuk menopangny­a.

Evans juga dipercaya sebagai team leader. Direktur Tim Fabio Baldato menyatakan, jajaran pembalap dengan rekam jejak mumpuni itu memang dirancang memberikan penampilan perpisahan terbaik di hadapan penggemarn­ya.

Akan bergabung bersama Evans juara dunia time trial U23 Campbell Flakemore. Ini adalah debutnya di Adelaide. Selain itu, pembalap tuan rumah Menjadi tahun pertama Tour Down Under dilombakan. Ketika itu juaranya adalah pembalap Australia Stuart O’Grady dan Cadel Evans menjadi peraih gelar

(*) Rohan Dennis bakal turun pada tahun keempatnya di ajang Tour Down Under dan yang pertama untuk BMC.

Pembalap Swiss Michael Schar, Danilo Wyss, dan Silvan Dillier, serta pembalap Amerika Serikat Peter Stetina, juga tak ketinggala­n ikut diturunkan pada skuad pimpinan Fabio Baldato tersebut. ’’Tim akan bekerja keras agar Cadel (Evans) bisa melakukan yang terbaik. Balapan ini akan sangat menantang. Tapi, saya rasa dia mampu tampil bagus sekali lagi,’’ ujar Baldato sebagaiman­a dilansir Cycling News. (cak/c17/ham)

 ??  ?? TERAKHIR: Cadel Evans ketika tahun
lalu berlomba di Tour Down Under.
TERAKHIR: Cadel Evans ketika tahun lalu berlomba di Tour Down Under.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia