Jawa Pos

Sentra PKL di Bawah Flyover Siap Beroperasi

-

SIDOARJO – Sentra PKL baru segera beroperasi di Sidoarjo. Lokasinya tergolong unik. Yakni, di bawah flyover Jenggolo. Saat ini pembanguna­nnya hampir selesai. Bahkan, 26 stan yang disiapkan sudah dilengkapi fasilitas kran air dan wastafel. Rencananya, deretan stan tersebut mulai difungsika­n awal Januari.

’’Rencananya, mulai bulan depan para PKL di sekitar flyover Jenggolo pindah ke stan yang baru,’’ kata Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Sidoarjo Bahrul Amig kemarin (26/12).

Keberadaan PKL di sekitar flyover Jenggolo memang cukup meresahkan pengguna jalan. Banyaknya gerobak PKL dan kendaraan para pembeli yang parkir kurang teratur mengakibat­kan penyempita­n dan berujung kemacetan. Padahal, bagian bawah flyover tersebut digunakan untuk pu- tar balik kendaraan ke arah Surabaya.

’’Dengan direlokasi, para pengendara nanti bisa lancar melewati bawah atau samping flyover,’’ tegas Amig.

Meski siap digunakan, berdasar pengamatan Jawa Pos, tampaknya masih ada beberapa hal yang perlu diperhatik­an. Salah satunya pintu masuk untuk kendaraan ke area stan yang belum ada. Begitu juga lahan parkirnya. Tanpa itu, kendaraan para pembeli tetap diparkir memenuhi jalan.

’’Selama ini para pelajar parkirnya tak karuan sehingga sering menutupi jalan. Gara-gara itu, kami yang sering kena marah,’’ ujar Mulyono, salah satu PKL yang berjualan di sekitar flyover. Warga Sidokerto, Buduran, itu menyatakan senang dengan dibangunny­a stan-stan tersebut.

Hanya, menurut dia, yang menjadi kendala nanti adalah bajir. Soalnya, posisi stan lebih rendah dibandingk­an dengan jalan atau tempat mereka berjualan sekarang. Seperti kemarin, kondisi di sekitar area stan terlihat becek karena bekas tergenang air hujan. (hen/c15/pri)

 ??  ??
 ??  ??
 ?? SUGENG DEAS/JAWA POS ?? SEMOGA JADI SOLUSI: Deretan bangunan stan di taman bawah flyover Jenggolo akan digunakan untuk merelokasi PKL yang kini berjualan di sekitarnya.
SUGENG DEAS/JAWA POS SEMOGA JADI SOLUSI: Deretan bangunan stan di taman bawah flyover Jenggolo akan digunakan untuk merelokasi PKL yang kini berjualan di sekitarnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia