Jawa Pos

Proyek Pos Pembantu Baru Capai 40 Persen

-

SIDOARJO – Pembanguna­n pos pembantu PMK di Jalan Raya Tropodo, Waru, berjalan lambat. Proyek yang dimulai awal November itu sebenarnya ditargetka­n selesai akhir Desember sehingga bisa beroperasi pada 2015. Namun, sampai sekarang progres pembanguna­nnya baru mencapai 40 persen.

’’Untuk saat ini masih pembanguna­n fondasi dan tembok-tembok. Bagian atas (bangunan, Red) belum semua,’’ kata Kepala Bidang PMK Badan Penanggula­ngan Bencana Daerah (BPBD) Sidoarjo Anwar kemarin (26/12).

Meski molor dari target, lanjut Anwar, pihaknya tidak bisa berbuat banyak. Dia beralasan, selain dibangun di atas tanah hibah, pembanguna­n pos pembantu PMK Waru itu merupakan hasil corporate social responsibi­lity (CSR). ’’Kami berharap memang cepat selesai, tapi itu kan bergantung pada tenaga (pekerja, Red),’’ tuturnya.

Seperti diberitaka­n, tahun ini BPBD Kabupaten Sidoarjo menambah satu pos pembantu PMK. Pos tersebut dibangun di atas lahan milik pemda dan PT Tunggal Jaya Indah. ’’Kalau dari perusahaan, kami mendapat hibah. Total lahan yang dihibahkan 12 x 20 meter,’’ jelas Anwar.

Dia menyebutka­n, pos pembantu PMK Waru merupakan satu di antara tiga program BPBD untuk menambah pos pembantu PMK. Rencananya, dua pos lain dibangun di Kecamatan Taman dan Sukodono. Hadirnya pos pembantu PMK di tiga lokasi tersebut tergolong urgen karena masuk kawasan padat penduduk dan banyak berdiri pabrik.

’’Di sana sangat berpotensi terjadi kebakaran. Makanya, untuk memenuhi response time, kami yang mendekat ke sumber kejadian,’’ jelasnya.

Sementara itu, rencana BPBD untuk menambah mobil pemadam akhirnya terwujud. Dua unit mobil berwarna merah menyala tersebut telah tiba pekan lalu. ’’Rencananya, dua mobil pemadam itu ditempatka­n di Waru (pos pembantu PMK Waru, Red). Tetapi, berhubung belum jadi, untuk sementara kami tempatkan di pos induk Buduran,’’ ujar Anwar. (rst/c7/pri)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia