Jawa Pos

Liburan, Peziarah Makam Wali Hampir 10 Ribu Orang

-

GRESIK – Liburan tahun ini banyak dimanfaatk­an masyarakat untuk berwisata religi dengan berziarah ke makam Wali Sanga. Di Gresik terdapat dua makam yang selalu jadi jujukan. Yakni, makam Maulana Malik Ibrahim dan Sunan Giri.

Sejak kemarin (26/12), banyak peziarah yang memadati area pemakaman tersebut. Salah satunya Salamah. Dia tak sendiri. Perempuan 18 tahun itu bersama teman-temannya dalam rombongan dua bus. ”Kami berangkat sejak Kamis,” terang gadis asal Probolingg­o tersebut.

Menurut Abdus Salam, juru kunci makam Sunan Giri, jumlah peziarah selalu banyak ketika liburan sekolah yang bertepatan dengan akhir tahun ini. Untuk menjaga peziarah tetap khusyuk, juru kunci melakukan sistem bergelomba­ng. ”Biar tidak uyel-uyelan di gerbang masuk makam,” ujarnya.

Sejak pagi hingga pukul 15.00 kemarin, setidaknya terdapat 10 ribu peziarah. ”Mereka berasal dari Madura, Situbondo, hingga Jawa Tengah,” kata Abdus Salam. Peningkata­n jumlah peziarah bakal terus terjadi hingga minggu depan. Puncaknya diprediksi menjelang tahun baru. ”Melihat tahun-tahun sebelumnya memang kenaikan cukup tinggi,” imbuh dia.

Kondisi serupa terlihat di makam Maulana Malik Ibrahim. Hanya, pengunjung sedikit kerepotan untuk masuk ke area pemakaman. Pasalnya, akses menuju parkiran ditutup. Dengan demikian, mobil memadati Jalan Jaksa Agung Suprapto dan Agus Salim yang jaraknya cukup jauh dari area pemakaman. ”Lumayan jauh untuk jalan menuju lokasi makam. Kami sudah niat tidak boleh sambat,” kata Yasin, peziarah. (yad/c10/ai)

 ?? CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS ?? PADAT HINGGA TAHUN BARU: Peziarah memenuhi areal makam Maulana Malik Ibrahim kemarin. Saat liburan seperti ini, jumlah pengunjung diprediksi meningkat.
CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS PADAT HINGGA TAHUN BARU: Peziarah memenuhi areal makam Maulana Malik Ibrahim kemarin. Saat liburan seperti ini, jumlah pengunjung diprediksi meningkat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia