Jawa Pos

Sering Bereksperi­men untuk Munculkan Karakter Satwa

Jerry Piko, si Ventriloqu­ist yang Makin Laris dengan Boneka Burung

- IRA KURNIASARI

Si Piko kini makin terkenal.

Apalagi setelah boneka burung yang bisa berbicara itu tampil di salah satu

stasiun televisi swasta. Pemiliknya adalah Jerry. Duo tersebut kini sering diundang ke berbagai pri

vate party di Indonesia.

JERRY Piko adalah entertaine­r multitalen­ta. Dia menggeluti dunia hiburan sejak 25 tahun lalu. Kemampuan berbicara tanpa menggerakk­an mulut atau lazim disebut ventriloqu­ist alias ahli suara perut dilatih sejak SMA. Kala itu Jerry terinspira­si dari Gatot Sunyoto, seorang seniman yang menggunaka­n boneka sebagai teman sepanggung.

Jerry mengatakan, semula dirinya menggunaka­n boneka karakter bernama Belo. Namun, kini Belo ditakuti karena mirip boneka Chucky yang bermuka horor. ’’Banyak yang tidak suka, makanya saya cari yang lucu. Akhirnya saya pilih boneka hewan ini,’’ ujar pria kelahiran 4 April 1978 tersebut.

Jerry kini mempunyai 10 boneka. Namun, hanya tiga yang dapat menarik perhatian publik. Yakni, Piko si burung, Brenda si kudanil, dan Dennies si anjing. Kendati berwajah lucu, Jerry menganggap bonekabone­ka itu harus mempunyai karakter yang khas. Nah, kunci untuk menciptaka­n karakter tersebut bergantung pada awal masuk ke panggung. Biasanya butuh waktu sekitar 10 detik untuk memunculka­n karakter boneka. ’’Kalau sejak awal nggigit, ke belakangny­a gampang,’’ tuturnya.

Lantas, bagaimana agar bonekabone­ka itu bisa berkarakte­r? Men- urut Jerry, dirinya selalu meluangkan waktu untuk bereksperi­men. Tujuannya, memilih karakter yang pas untuk boneka hewan tersebut. Hal itu bisa dibangun dari perilaku, suara, atau profil satwa asli. Tak jarang dia membuat daftar biodata boneka itu seperti tanggal lahir, hobi, hingga watak.

Jerry menyadari, tidak mudah membuat masyarakat ngeh dengan apa yang dirinya sajikan di panggung. Karena itu, perlu latihan terus-menerus agar penampilan­nya bersama si boneka bisa ’’klik’’. ’’Proses eksplorasi yang terus-menerus merupakan kunci keberhasil­an membawakan dua karakter di atas panggung,’’ ujar Jerry.

Setiap manggung, dia punya beberapa materi

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? KREATIF: Jerry bersama Piko si burung dan Dennies si anjing. Mereka berpose sebelum tampil di JW Marriott semalam.
ANGGER BONDAN/JAWA POS KREATIF: Jerry bersama Piko si burung dan Dennies si anjing. Mereka berpose sebelum tampil di JW Marriott semalam.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia