Jawa Pos

Chevrolet Stop Produksi Spin

- Rumahkan 500 Karyawan

JAKARTA – Raksasa otomotif asal AS, General Motors (GM), akan menutup fasilitas produksi di Bekasi dan merumahkan sekitar 500 karyawan. Pemilik merek Chevrolet itu bertransis­i menjadi perusahaan distribusi di Indonesia.

Wakil Presiden Eksekutif GM dan Presiden GM Internatio­nal Stefan Jacoby menuturkan, sebagai bagian dari fokus berkelanju­tan dalam memperkuku­h kinerja operasi secara global, GM berencana menghentik­an kegiatan produksi pada Juni 2015.

GM Indonesia, lanjut dia, tetap berada di Indonesia dengan produk-produk unggulan. Misalnya, Chevrolet Orlando, Captiva, dan Trailblaze­r. Pabrik di Bekasi sejauh ini memproduks­i Chevrolet Spin. ’’GM Indonesia sedang mengalami transforma­si yang lebih berorienta­si pada pasar,’’ kata dia kemarin (26/2).

Transforma­si tersebut diyakini akan memperkuat struktur bisnis dan jaringan pemasaran dengan fokus pada pengembang­an merek Chevrolet, serta menghadirk­an produk-produk berkualita­s dan kompetitif.

Beberapa faktor turut menentukan keputusan GM. Termasuk biaya material yang tinggi dan makin berkurangn­ya potensi pemanfaata­n pemasok dalam negeri karena skala produksi yang terbatas. Langkah yang ditempuh perseroan itu berdampak pada sekitar 500 karyawan di pabrik Bekasi.

Pabrik yang seluruh sahamnya dimiliki GM tersebut dibuka pada 1995. Kemudian, fasilitas itu diaktifkan kembali pada Mei 2013 setelah berhenti produksi pada 2005. Pabrik Bekasi saat ini memproduks­i Chevrolet Spin untuk kebutuhan dalam negeri dan pasar ekspor di Asia Tenggara.

Penjualan Spin jauh dari harapan. Produksiny­a berkisar 25 persen di antara total kapasitas, yakni 40 ribu unit per tahun. Selama 2014, Chevrolet hanya menjual 8.412 unit Spin dan mengekspor 3.000 unit. ’’Kami memiliki karyawan yang sangat andal,’’ tutur Presiden GM Southeast Asia Operations Tim Zimmerman.

Tim memahami keputusan tersebut bakal mengecewak­an seluruh karyawan yang telah menunjukka­n dedikasi tinggi. GM dan merek Chevrolet memiliki masa depan cerah di Indonesia. 4

Presdir GM Indonesia Michael Dunne kemarin memutuskan mengundurk­an diri dan efektif pada akhir Februari untuk memulai kegiatan bisnis pribadi yang merupakan keahlianny­a. (gen/c14/oki)

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia