Jawa Pos

Kelas Menengah RI Optimistis

-

JAKARTA – Masyarakat kelas menengah Indonesia ternyata paling optimistis di antara enam negara ASEAN. Merujuk AIA Middle Class Index (MCI) dari hasil survei AIA Financial (AIA), Indonesia memimpin MCI dengan skor 77,1. Kemudian Vietnam dan Filipina menyusul dengan skor masingmasi­ng 70,9 dan 70,6. Tiga negara lain, yaitu Singapura mencetak skor 55,6; Malaysia 60,5; dan Thailand 63,3.

’’Kelas menengah di Indonesia adalah yang paling optimistis dan kehidupan mereka meningkat dalam 12 bulan ke depan dengan indeks 87 persen,” kata Appointed Actuary AIA Lim Chet Ming di Jakarta kemarin (26/2).

Di antara enam negara yang disurvei AIA, mayoritas responden menempatka­n kesehatan sebagai hal yang krusial dalam masa depan hidupnya. Survei AIA tentang harapan dan aspirasi memberikan analisis mendalam tentang cara kelas menengah yang tengah berkembang pesat menyikapi empat hal utama. Yakni, kualitas hidup, keamanan finansial, pensiun, serta keluarga dan pendidikan.

Di Indonesia, hasil temuan studi itu diperoleh dari 500 responden di seluruh Nusantara. Sebanyak 400 di antaranya diwawancar­ai secara online dan sisanya secara tatap muka. ’’Survei ini dilakukan untuk menambah wawasan akan kebutuhan, aspirasi, dan kekhawatir­an masyarakat kelas menengah. Sekaligus, memperkaya pemahaman tentang kelas menengah di kawasan Asia,” katanya.

Presiden Direktur AIA Ben Ng mengatakan, masyarakat kelas menengah di Indonesia sangat positif. Karena itu, pihaknya sangat antusias membantu mereka mencapai impian dan sasaran dalam hidup dengan menyediaka­n perencanaa­n finansial yang tepat melalui agen dan bancassura­nce consultant premier. (dee/c7/oki)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia