Jawa Pos

Tuai Pujian di Balik Kritikan

-

DI antara kontrovers­i yang datang, prestasi American Sniper terus merangkak. Lepas dari obrolan miring yang menyatakan bahwa film tersebut kurang akurat, American Sniper terbukti mendapat banyak respons yang positif. Berikut fakta yang mengiringi perilisan American Sniper: (sam/c22/agf)

menyabet delapan nominasi sekaligus dalam Oscar. Akting Bradley Cooper yang benar-benar mencermink­an penembak jitu yang heroik mewakili karakter Chris Kyle dengan baik. Tak heran, dia dinominasi­kan sebagai Best Actor. juga telah memenangka­n kategori Best Sound Editing.

Film tersebut disebut sebagai film yang paling sukses sepanjang tahun. Dengan bujet USD 59 juta,

mampu melipatkan pemasukan total menjadi USD 428 juta Film itu juga ditunjuk sebagai film terbaik Clint Eastwood. Sebab, dalam

saja, menghasilk­an USD 30,5 juta, mengalahka­n rekor pada 2008.

Meski Eastwood bersikeras bahwa film garapannya itu tidak bersifat politis, American-Arab Anti-Discrimina­tion Committee melayangka­n surat protes kepada pihak produksi yang menyatakan bahwa rakyat Iraq tidak sekejam yang ditunjukka­n dalam film. Gara-gara film itu, banyak muslim yang menjadi target ancaman kekerasan.

Clint Eastwood, sang sutradara, menggarap alur cerita hanya berdasar ingatan Chris Kyle. Meski dia merekam setiap kata yang diucapkan Chris Kyle saat diwawancar­a, risetnya hanya diambil dari satu sudut pandang sehingga akurasi sejarahnya banyak dipertanya­kan. Sutradara: Clint Eastwood Produser: Bradley Cooper, Clint Eastwood, Jason Hall Penulis: Jason Hall Berdasar novel: American Sniper karya Chris Kyle Pemain: Bradley Cooper, Sienna Miller, Kyle Gallner, Cole Konis, Ben Reed, Elise Robertson, Jason Hall, Billy Miller Sinematogr­afi: Tom Stern Distributo­r: Warner Bros Pictures Perusahaan: Village Roadshow Pictures Tanggal rilis: 25 Desember 2014 - Durasi:

132 menit

Meski dihujani kritik dari berbagai kalangan, sutradara

Clint Eastwood bersikukuh bahwa film American Sniper buatannya tak menyinggun­g pihak mana pun. Film American Sniper menceritak­an mendiang Chris Kyle (diperankan Bradley Cooper), sang penembak jitu dari Amerika Serikat, yang dijuluki The Most Lethal Sniper dalam

sejarah militer Amerika Serikat.

RATING

FILM bergenre biografi itu diprotes karena dianggap berlebihan dalam menampilka­n scene peperangan di Iraq. Tetap saja, Bradley Cooper tak main-main saat memerankan Chris Kyle. Aktingnya dalam film berdurasi 132 menit tersebut tampak total. Bagi Cooper, memerankan tokoh Chris Kyle merupakan suatu kebanggaan tersendiri. ’’Tanggung jawab memerankan sosok yang keluargany­a masih hidup itu sangat besar. Artinya, saya memerankan tokoh yang sangat penting,’’ kata Cooper dalam Huffington Post.

American Sniper mengisahka­n perjalanan Chris Kyle selama turun di medan perang. Chris yang pernah empat kali ditugaskan di Irak meninggalk­an reputasi mengerikan di daerah konflik dengan kemampuan menembakny­a. Tetapi, di balik keganasann­ya dalam menggunaka­n senapan rifle, Chris Kyle adalah sosok ayah yang sangat mencintai dan kerap merindukan keluarga di rumah.

Kekhawatir­an Kyle pun berbuah kenyataan. Ketika dia tengah mengincar salah seorang target teroris di Irak, di luar dugaan, target tersebut mengorbank­an seorang anak kecil untuk menggantik­annya. Kyle lantas dilema saat harus menarik pelatuknya. Sebab, dia teringat dengan dua anaknya yang masih kecil di rumah.

Bagi Cooper, American Sniper bukanlah seperti yang diperdebat­kan. Dia hanya ingin memperliha­tkan kalutnya perasaan seorang tentara seperti Kyle yang harus berperang. Misalnya, perjuangan mereka melawan tekanan dan harus membunuh banyak nyawa untuk dapat bertahan hidup dan pulang ke tanah air tanpa terluka atau bahkan meninggal. ’’Menjadi seorang tentara tidaklah mudah. Ada dilema dan perjalanan yang menyeramka­n. Apalagi dia memiliki keluarga di rumah,’’ ungkap Cooper dalam The State Journal-Register.

Senada dengan Cooper, sutradara Clint Eastwood menyatakan bahwa dirinya membuat fi lm itu karena tahu setelah mem baca buku otobiograf­i Chris Kyle. Bagi Eastwood, cerita hidup Chris Kyle sangat bagus untuk diangkat ke layar lebar dan akan menginspir­asi ban yak orang. ’’ Saya tidak membuat film American Sniper untuk penghargaa­n apa pun. Saya berusaha menceritak­an kisah mereka dengan sebaikbaik­nya,’’ jelas Eastwood dalam situs Today.

Namun, tidak dimungkiri, dengan bujet USD 58 juta, film tersebut berhasil meraih pendapatan di luar ekspektasi, yaitu USD 247,7 juta dolar. Tak tanggung-tanggung, film American Sniper menuai pujian manis dari sang ibu negara, Michelle Obama. ’’Memang, film ini tak terlepas dari kritikan. Tapi, yang lebih menonjol dalam film ini, American Sniper mampu menyentuh emosi para penonton,’’ tutur Michelle Obama dalam The Wrap. Dia mengungkap­kan bahwa film itu merupakan gambaran kompleks tentang permasalah­an yang dihadapi para tentara yang ber perang demi membela negara. (ivm/c14/agf)

 ?? COLLIDER
THENYPOST ?? PILIHAN SULIT: Chris Kyle selalu terbayang keluargany­a di rumah saat berada di medan perang. TRUE STORY: Cerita American Sniper diangkat dari kisah nyata perjalanan Chris Kyle saat mengemban misi di Iraq.
COLLIDER THENYPOST PILIHAN SULIT: Chris Kyle selalu terbayang keluargany­a di rumah saat berada di medan perang. TRUE STORY: Cerita American Sniper diangkat dari kisah nyata perjalanan Chris Kyle saat mengemban misi di Iraq.
 ?? THENYPOST ??
THENYPOST

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia