Jawa Pos

Longsor, Jalan Terancam Putus

-

TUBAN – Jalan kabupaten yang menghubung­kan Kecamatan Widang dan Kecamatan Palang terancam putus menyusul longsornya bahu dan badan jalan di Dusun Suci, Desa Wangun, Kecamatan Palang.

Berdasar pantauan di lokasi, longsornya bahu dan badan jalan lantaran tergerus air hujan itu cukup mengkhawat­irkan. Jika tidak segera ditangani, jalan yang menghubung­kan dua kecamatan di wilayah timur Tuban tersebut dikhawatir­kan terputus. ’’Kalau hujan deras terus mengguyur, bisa jadi kondisi jalan yang longsor melebar, bahkan terputus,’’ kata Afandi, warga desa setempat, kemarin.

Dia menyatakan, bahu dan badan jalan tersebut longsor sejak puncak musim hujan pada akhir Januari lalu. Itu terjadi setelah tembok penahan bahu jalan ambrol lebih dulu. ’’Semula ada tembok penahan. Karena terusmener­us tergerus, akhirnya ambrol dan jalan ikut longsor,’’ tuturnya.

Untuk mengantisi­pasi jatuhnya korban, kini separo jalan dipasangi penanda dari batu besar. Selain mengantisi­pasi kendaraan terperosok, hal itu dilakukan untuk mencegah kendaraan besar melintas. ’’Kalau (jalan) ini sampai dilintasi kendaraan besar, bisa-bisa langsung ambrol karena sudah tidak ada penahan,’’ terangnya.

Saat dikonfirma­si, Kepala Dinas PU Tuban Choliq Qunnasich menyatakan belum mengetahui kondisi jalan yang terancam putus itu. ’’Biar besok dicek tim kami di lokasi,’’ katanya. Soal perbaikan, dia belum bisa memastikan. (tok/ ds/JPNN/c23/dwi)

 ?? AHMAD ATHO’ILLAH/JAWA POS RADAR BOJONEGORO ?? MENGKHAWAT­IRKAN: Pengendara motor melintasi jalan Widang-Palang yang longsor karena tergerus hujan.
AHMAD ATHO’ILLAH/JAWA POS RADAR BOJONEGORO MENGKHAWAT­IRKAN: Pengendara motor melintasi jalan Widang-Palang yang longsor karena tergerus hujan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia