Jawa Pos

Sosok Sempurna untuk Gaet Pemilih Kulit Hitam

Sol Campbell Siap Maju Menjadi Calon Wali Kota London

-

Wali Kota London Boris Johnson lengser tahun depan. Beberapa nama muncul sebagai kandidat pemimpin

London. Salah seorang di antara mereaka, mantan bek timnas Inggris Sol Campbell.

SEJAK memutuskan gantung sepatu pada musim panas 2011, Sol Campbell sudah menentukan sikap. Dia tidak ingin berkecimpu­ng di manajemen sepak bola atau menjadi pelatih. Campbell memiliki keinginan lain: terjun ke dunia politik.

Niat mantan pemain Tottenham Hotspur dan Arsenal tersebut untuk menjadi politisi semakin matang sejak Oktober tahun lalu. Selangkah lagi Campbell menjadi anggota Partai Konvervati­f yang berkuasa di Inggris saat ini.

Tujuan Campbell ialah menjadi wali kota London. Pemilik 73 caps untuk timnas Inggris tersebut sudah bertemu dengan Chairman Partai Konservati­f Grant Shapps. Campbell mengatakan didorong oleh sejumlah tokoh senior Partai Konservati­f untuk maju. Pria 40 tahun itu dianggap sebagai sosok sempurna untuk meraup suara warga kulit hitam.

Boris Johnson akan lengser Mei 2016. Dengan lengsernya man tan jurnalis tersebut, kesem patan tokoh baru sangat ter buka. Sebab, jika head- tohead, sangat sulit me ngalahkan popularita­s Johnson yang be gitu mengakar di Lon don.

’’Kami akan melihat apa yang terjadi. Banyak pembicaraa­n lagi yang harus dilakukan,’’ ucap Campbell sebagaiman­a dilansir The Sun. ’’Saya ini London banget. Saya ingin meningkatk­an kesejahter­aan di London Tengah untuk membantu wilayah itu,’’ tegasnya

Cambell adalah anak asli London. Dia lahir di wilayah urban London, Plaistow, pada 18 September 1974. Pada 1988, Campbell memulai karir dengan menjadi pemain akademi West Ham United. Setahun berselang, dia bergabung Tottenham Hotspur.

Setelah membela Spurs mulai 1992 hingga 2001, Campbell pindah ke klub London lainnya, Arsenal. Lima musim (2001– 2006) dia membela The Gunners. Sepanjang karirnya, Campbell memenangi delapan trofi di enam tim berbeda. Itu termasuk dua gelar Premier League dan tiga gelar Piala FA bersama Arsenal.

Selain mengincar posisi wali kota, Campbell ingin men dorong peningkata­n keter wakilan ku lit hitam di parlemen. Saat ini terdapat 27 anggota par le men yang berlatar belakang kulit hitam dan etnis mino ri tas.

Seharusnya, kata Campbell, jumlah itu bisa ditambah menjadi seratus untuk mewakili 18 persen etnis minoritas di London. ’’Pemilih butuh melihat seseorang yang bisa nyambung dengan mereka,’’ katanya.

Campbell kini mulai agresif menyuaraka­n pandangan-pandangan politiknya. Salah satunya, mengritik kebijakan pemimpin Partai Buruh yang menjadi oposisi, Ed Miliband, yang mengusulka­n peningkata­n pajak properti. ’’ Usulnya itu gila,’’ papar Campbell kepada The Telegraph. (nur/c4/ca)

Dalam wawancara dengan RMC Sport kemarin, pelatih 46 tahun itu kembali mengungkap­kan alasannya tidak memanggil Nasri pada Piala Dunia 2014.

’’Orang-orang harus tahu fakta itu. Pada musim gugur 2012, sa-

 ??  ??
 ?? BTEG.CO.UK ?? POPULER: Sol Campbell punya modal untuk menjadi orang nomor satu di London.
BTEG.CO.UK POPULER: Sol Campbell punya modal untuk menjadi orang nomor satu di London.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia