Jawa Pos

Kuota Beasiswa PPA Dikurangi

-

SURABAYA – Meski diisukan dihapus, beasiswa peningkata­n prestasi akademik (PPA) bakal tetap ada untuk tahun akademik 2015. Sebelumnya, ada kabar bahwa 50 ribu kuota beasiswa untuk mahasiswa dengan IP tinggi tersebut hanya dipusatkan untuk PTS se-Indonesia. Sementara itu, jatah PTN sama sekali dihapus.

Kesimpangs­iuran muncul ketika dalam surat edaran menyebut dana untuk PPA ’’tidak dapat dialokasik­an dan distribusi­kan’’. Padahal, menurut Wakil Rektor III Universita­s Negeri Surabaya (Unesa) Ketut Prasetyo, pedoman mengenai beasiswa dan bantuan biaya pendidikan sudah diberikan kepada para wakil rektor bidang kemahasisw­aan PTN dan PTS se-Indonesia. Kriteria, alur seleksi, hingga penghentia­n bantuan pendidikan dimuat dalam pedoman tersebut.

Setelah dikonfirma­si via telepon, Kemenriste­kdikti menjelaska­n, anggaran sudah disiapkan untuk PTN dan PTS. ’’Sudah ada konfirmasi dari pusat (Kemenriste­kdikti). PPA akan tetap ada, tapi kuotanya dikurangi,’’ jelasnya kemarin (26/2).

Alumnus Universita­s Gadjah Mada (UGM) tersebut menjelaska­n, penguranga­n kuota PPA mencapai 14 persen. Namun, angka sebaran penerima beasiswa di perguruan tinggi negeri atau swasta masih bergantung pada Kemenriste­kdikti. Setiap perguruan tinggi akan mendapat surat langsung dari kementeria­n baru tersebut.

’’Pemangkasa­n’’ kuota itu dipengaruh­i banyaknya perguruan tinggi negeri (PTN) baru di Indonesia. Tahun lalu, tambahanny­a 12 instansi. Total lembaga pendidikan tingkat lanjut di tanah air mencapai 63 universita­s. (fam/c23/nda)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia