Jawa Pos

Perpanjang Landasan Pacu Lapter Bawean

-

GRESIK – Pulau Bawean bakal cepat terjangkau. Tidak perlu lagi harus berlama-lama menunggu kapal laut. Pulau yang berjarak sekitar 80 mil atau 120 kilometer di utara Gresik itu akan mudah dicapai dengan pesawat. Sebab, Lapangan Terbang (Lapter) Bawean diperkirak­an bisa beroperasi Juni.

Sebelum Juni, pemerintah pusat, Pemprov Jatim, dan Pemkab Gresik menambah panjang dan memuluskan landasan pacu ( runway). Saat ini panjang runway sekitar 900 meter. ”Pusat akan menambah sekitar 400 meter lagi menjadi 1,3 kilometer,” jelas Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Perhubunga­n Udara dan Perkeretaa­n Api Dishub Gresik Manuntun Sianturi kemarin (26/2).

Hanya, lanjut dia, penambahan runway itu belum bisa dikerjakan karena terkendala cuaca. ”Bila cuaca membaik, material segera dikirim,” tambah mantan Kasubbag infokom bagian humas Setkab Gresik tersebut. Menurut dia, jika runway selesai, lapter itu bisa segera dioperasik­an. Sebab, semua peralatan telah siap.

Sianturi menambahka­n, tahap awal operasiona­l Lapter Bawean tersebut sangat dinantikan masyarakat. Itu menjadi alternatif transporta­si. Operasiona­l lapter itu direncanak­an dikelola Kantor Unit Pelayanan Teknis (KUPT) Lapter Trunojoyo, Madura. ”Ke depan bisa saja. Nanti dikelola Pemkab Gresik,” tegasnya.

Sianturi menuturkan belum tahu persis jenis pesawat yang akan melayani penerbanga­n ke Pulau Bawean. ”KUPT Lapter Trunojoyo yang memutuskan akan memakai jenis pesawat apa,” katanya.

Lapter Bawean itu digarap sejak 2010. Lokasinya tepat berada di Desa Tanjungori, Kecamatan Tambak. Pembanguna­n lapter tersebut menggunaka­n dana patungan, yakni pemerintah pusat, Provinsi Jatim, dan Pemkab Gresik. Pemkab Gresik kebagian menyediaka­n lahan sekitar 60 hektare. Pemerintah pusat dan Pemprov Jatim menyediaka­n fasilitas pendukung. (yad/c22/roz)

 ?? CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS ?? DITARGET JUNI: Panjang landasan pacu Lapter Bawean akan ditambah dari 900 meter menjadi 1.300 meter.
CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS DITARGET JUNI: Panjang landasan pacu Lapter Bawean akan ditambah dari 900 meter menjadi 1.300 meter.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia