Jawa Pos

Daihatsu Produksi Empat Juta Unit

-

JAKARTA – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memiliki catatan tersendiri setiap Mei. Pabrikan hasil kongsi PT Astra Internasio­nal Tbk dengan Daihatsu Motor Corporatio­n Jepang itu merayakan pencapaian produksi empat juta unit terhitung sejak produksi perdana pada 1978. ’’Pencapaian produksi hingga empat juta unit ini merupakan milestones penting bagi kinerja Astra Daihatsu Motor. Prestasi ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak, baik karyawan, direksi termasuk supplier, diler, dan partner yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu,’’ ujar Presiden Direktur ADM Sudirman Maman Rusdi kemarin (7/5).

Pencapaian empat juta unit tersebut disumbang produk Daihatsu sebesar 2.076.546 unit (51,9 persen) dan Toyota 1.923.454 unit (48,1 persen) yang meliputi produk Xenia-Avanza, Terios-Rush, Gran Max, Luxio serta produk lama seperti Taruna, Feroza, Espass, Zebra, Taft, Delta, Classy, dan Charade.

Menurut Sudirman, pencapaian itu merupakan bukti bahwa pabrik Daihatsu menghasilk­an produk-produk yang berkualita­s tinggi meskipun diproduksi secara masal. Hal tersebut juga menunjukka­n tingginya utilisasi pabrik Daihatsu. ’’Pencapaian empat juta unit itu diraih dalam waktu kurang dari dua tahun setelah pencapaian produksi tiga juta unit pada 2013,’’ lanjutnya.

Sudirman menambahka­n, tingkat komponen dalam negeri (TKDN) produkprod­uk ADM secara rata-rata saat ini mencapai 86 persen yang bekerja sama dengan 261 perusahaan pemasok komponen lapis pertama ( first tier) dan 1.105 pemasok komponen lapis kedua ( second tier). ’’Secara total, proses ini melibatkan lebih dari 792 ribu karyawan.

Menteri Perindustr­ian (Menperin) Saleh Husin mendorong pabrikan otomotif mendongkra­k penjualan ekspor. Hal ini untuk membuktika­n bahwa produsen kendaraan tidak sekedar menjadikan Indonesia sebagai pasar namun juga menjadi basis produksi di tingkat global. ‘’Khusus Daihatsu, saya harapkan tahun depan sudah mencapai produksi ke-5 juta, tapi ekspornya jangan hanya 200 ribu unit tapi menjadi dua kali lipat,” kata Saleh. (wir/c22/agm)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia